Jenis dan Warna Pakaian Kesukaan Nabi Muhammad SAW

MALUTTIMES – Ada sejumlah riwayat yang menceritakan tentang pakaian Nabi Muhammad SAW. Beberapa di antaranya menyebut, Rasulullah SAW paling suka mengenakan gamis.

Hal ini dikatakan dalam riwayat Imam At Tirmidzi sebagaimana disyarahkan Syaikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al-Badr dalam Syarh Syama’il An-Nabi li Abi Isa Muhammad bin Isa At-Tirmidzi.

Dari Ummu Salamah RA, ia berkata, “Busana yang paling dicintai Rasulullah SAW adalah Al-Qamish (gamis atau kemeja).”

Syaikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al-Badr menjelaskan, Al-Qamish adalah pakaian yang memiliki dua lengan untuk kedua tangan dan terdapat sebuah saku untuk menyimpan uang. Menurut riwayat lain, alasan Rasulullah SAW suka mengenakan gamis karena mudah dipakai dan dilepas serta nyaman digunakan untuk bergerak.

Disebutkan dalam riwayat yang berasal dari Asma’ binti Yazid, lengan gamis Rasulullah SAW mencapai pergelangan. Hal ini turut diriwayatkan Abu Dawud dalam As Sunan dan dalam sanadnya terdapat perawi bernama Syahr bin Khausyab yang dikenal jujur.

Rasulullah SAW juga suka mengenakan pakaian bergaris atau bergambar dengan warna tertentu. Dari Anas bin Malik, ia berkata, “Bahwasanya pakaian yang paling disukai Rasulullah SAW untuk dikenakan adalah Al-Hibarah (batik).” (HR Bukhari dan Muslim)

Menurut Syaikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al-Badr, Al Hibarah adalah pakaian yang terbuat dari kapas atau katun. Istilah ini digunakan untuk menyebut pakaian yang bergaris atau bergambar yang merupakan pakaian dari hiasan.

Ibnul Qayyim mengatakan dalam Zad Al-Ma’ad, warna pakaian yang paling dicintai Rasulullah adalah putih dan batik (Al Hibarah).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.