Doa Sebelum dan Bangun Tidur Sesuai Sunnah

MALUTTIMES – Segala sesuatu hal yang kita lakukan bisa bernilai ibadah, tergantung dari niat dan caranya yang sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW termasuk ketika sebelum dan sesudah tidur.

Dilansir detikEdu, dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW memberi anjuran bagi umat muslim untuk membaca doa sebelum dan bangun tidur

“Apabila kamu hendak tidur maka berwudhulah lebih dulu seperti wudhumu untuk salat, kemudian berbaringlah pada pinggangmu yang kanan dan bacalah doa ini (doa sebelum tidur). Dalam hadits ini, Nabi SAW juga bersabda, ‘Jadikanlah doa itu sebagai akhir dari semua perkataanmu,” (HR Bukhari Muslim).

Baca Juga:  Pemda Halmahera Tengah Digugat ke PTUN, ini Masalahnya

Selain itu Rasulullah SAW juga mengajarkan umat muslim untuk membaca doa setelah bangun dari tidur.

قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ قَالَ ‏”‏ اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَأَمُوتُ ‏”‏‏.‏ وَإِذَا أَصْبَحَ قَالَ ‏”‏ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ ‏

Artinya: Ketika Rasulullah SAW pergi tidur dia biasa mengucapkan, “Allahumma bismika ahya wa amut.” Dan saat bangun di pagi hari dia terbiasa mengatakan, “Al-hamdu li l-lahi al-ladhi ahyana ba’da ma amatana wa ilaihi-nnushur.” (HR Bukhari).

Baca Juga:  Muhammadiyah Resmi Tetapkan 1 Ramadan 1444 H Jatuh pada 23 Maret 2023

Berikut bacaan lengkap doa sebelum dan bangun tidur sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

A. Doa sebelum tidur dalam Arab, latin, dan artinya

اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَأَمُوتُ

Bacaan latin: Allahumma bismika ahya wa amut

Artinya: “Ya Allah! Dalam namaMu aku hidup dan mati.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.