7 Manfaat Daun Kari untuk Kesehatan

Malut Times – Daun kari atau dikenal juga dengan daun salam koja merupakan rempah asli India yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu masak karena memiliki aroma yang khas.

Selain bisa meningkatkan cita rasa pada makanan, nyatanya terdapat manfaat daun kari untuk kesehatan.

Dilansir dari laman Healthline, daun kari ini dikenal sebagai tanaman pelindung karena mempunyai sejumlah zat atau komponen kuat di dalamnya yang berfungsi menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga:  Kasus HIV di Morotai Meningkat Drastis

Sekilas, daun kari ini bentuknya serupa dengan daun salam, hanya saja ukurannya lebih kecil dan aromanya lebih tajam mirip jeruk.

Senyawa Aktif Daun Kari

Berdasarkan hasil penelitian, daun kari kaya akan senyawa seperti alkaloid, glikosida, senyawa fenolik, linalool, alpha-terpinene, hingga caryophyllene, yang berfungsi sebagai antioksidan alami untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tetap sehat.

Baca Juga:  Kasus HIV di Morotai Meningkat Drastis

Selain mampu menangkal radikal bebas, senyawa tersebut efektif untuk menekan stres oksidatif, yaitu kondisi terkait dengan perkembangan penyakit kronis.

Manfaat Daun Kari untuk Kesehatan

Berkat senyawa kuat yang terkandung di dalamnya, berikut beberapa manfaat daun kari untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Punya potensi antikanker

Sebuah hasil studi menunjukkan bahwa ekstrak daun kari mempunyai efek antikanker, salah satunya menekan pertumbuhan kanker agresif pada kanker payudara.

Baca Juga:  Kasus HIV di Morotai Meningkat Drastis

Para peneliti menghubungkan bahwa efek antikanker ini berkat kandungan antioksidan dalam daun kari, termasuk quercetin, catechin, rutin, dan asam galat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.