Simak 5 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami, Lakukan Tiap Hari

Malut Times – Gula darah yang tinggi seringkali bikin panik. Jangan panik, ada cara menurunkan gula darah secara alami.

Gula darah tinggi dalam jangka waktu singkat atau lama dapat membahayakan kondisi tubuh. Oleh karenanya, menjaga gula darah penting bagi kesehatan terutama bagi penderita diabetes.

Orang dengan yang punya gula darah tinggi berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan. Normalnya, gula darah berada pada rentang 70-130 mg/dL sebelum makan dan di bawah 180 mg/dL setelah makan.

Baca Juga:  Kasus HIV di Morotai Meningkat Drastis

Berikut beberapa cara menurunkan gula darah secara alami:

1. Kurangi karbohidrat

Karbo selama ini dianggap sebagai biang kerok yang bikin gemuk. Jangan salah, bukan cuma itu, asupan karbohidrat yang terlalu banyak juga berbahaya buat tubuh.

Karbohidrat diolah tubuh menjadi gula yang digunakan sebagai energi. Kelebihan gula justru berakibat meningkatnya kadar gula dalam darah. Penelitian menunjukkan mengurangi konsumsi karbohidrat dan menambah asupan makanan tinggi protein, serat serta vitamin dapat mengurangi kadar gula darah.

Baca Juga:  Kasus HIV di Morotai Meningkat Drastis

2. Kontrol porsi makan

Rendah karbohidrat, tinggi protein dan serat saja tak cukup untuk menurunkan kadar gula darah. Porsi dalam sekali makan juga mesti diatur dengan baik. Bagi penderita diabetes porsi makan harus mengikuti anjuran dokter.

3. Minum cukup air putih

Laporan di Medical News Today disebutkan, minum air yang cukup dapat mencegah dehidrasi dan membantu ginjal mengeluarkan gula dalam tubuh melalui urin. Penelitian juga menunjukkan orang yang minum lebih banyak air memiliki risiko yang lebih rendah terhadap kenaikan gula darah dalam darah.

Baca Juga:  Kasus HIV di Morotai Meningkat Drastis

Minum air putih yang cukup juga jadi cara menurunkan gula darah secara alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.