Ini 5 Cara Menghilangkan Selangkangan Hitam yang Perlu Anda Ketahui 

Maluttimes.com – Warna di selangkangan atau pangkal paha hitam terkadang dianggap mengganggu penampilan bagi sebagian orang.

Bagian lipatan kulit seperti selangkangan sangat tertutup karena berada di antara batas paha atas dan perut bagian bawah. 

Wajar apabila warnanya lebih gelap dari bagian tubuh sekitarnya, sehingga menjadi konsentrasi sebagian orang untuk mengetahui cara memutihkan selangkangan.

Perlu Anda ketahui bahwa selangkangan atau area bikini yang agak hitam bisa dialami oleh siapa saja, baik itu wanita atau pria dengan berbagai kategori usia.

Penyebab Selangkangan Hitam

Menghitamnya area selangkangan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya hiperpigmentasi sehingga produksi melanin lebih tinggi.

Selain itu ada juga faktor-faktor lain yang memengaruhi selangkangan berubah warna menjadi gelap, di antaranya sebagai berikut melansir Healthline.

  • Mengalami lecet saat berolahraga atau berjalan, seringkali membuat area paha bergesekan lebih intens. Kondisi ini menyebabkan kulit tipis, gatal, dan berubah warna jadi hitam.
  • Ketidakseimbangan hormon pada wanita hamil, menyusui, menstruasi, atau mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS), juga bisa memengaruhi kondisi kulit selangkangan.
  • Efek samping mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti kontrasepsi oral hormonal atau sedang menjalani kemoterapi.
  • Terkena paparan sinar matahari langsung atau seringkali menggunakan pakaian terbuka, tanpa menggunakan sunscreen atau sunblock.
  • Mengalami kulit kering, kasar, gatal, yang kemudian terkelupas lalu membekas jadi hitam.
  • Gesekan kuat dari pakaian ketat.
  • Menderita acanthosis nigricans yaitu kelainan pigmentasi kulit.
  • Mengidap penyakit diabetes mellitus.
Baca Juga:  Kasus HIV di Morotai Meningkat Drastis

Cara Memutihkan Selangkangan

Terlepas dari apa pun penyebabnya, cara memutihkan selangkangan masih bisa diatasi supaya warnanya kembali cerah dengan perawatan yang harus dilakukan secara rutin.

1. Rajin scrubbing

Scrubbing termasuk metode physical exfoliation yaitu proses mengangkat sel-sel kulit mati, daki, hingga kotoran dengan cara menggosok permukaan yang mengalami masalah kulit seperti kusam atau gelap.

Anda dapat mencoba scrub alami yang terbuat dari campuran gula, perasan lemon, dan madu hingga menyerupai pasta. Atau bisa juga menggunakan campuran oatmeal serta yoghurt plain.

Baca Juga:  Kasus HIV di Morotai Meningkat Drastis

Nantinya bulir scrub gula atau oatmeal digosok ke area selangkangan yang gelap minimal 1-2 kali seminggu. Setelahnya jangan lupa selalu gunakan pelembap agar kulit tidak kering.

2. Gunakan glycolic acid

Glycolic acid atau asam glikolat adalah kandungan yang umum ditemukan dalam berbagai produk skincare atau perawatan kecantikan kulit dan wajah.

Glycolic acid dapat membantu proses eksfoliasi atau mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran lainnya di dalam pori-pori kulit, termasuk di daerah selangkangan.

Selain itu, kandungan dari glycolic acid juga membantu mengembalikan kelembaban kulit dan membuatnya lebih halus. Rutin gunakan setiap hari untuk hasil yang maksimal.

3. Oleskan minyak esensial

Salah satu penyebab umum selangkangan hitam adalah kebiasaan mengenakan celana dalam atau celana jeans yang ketat. Mengenakan celana ketat dalam waktu yang lama dapat membuat kulit dehidrasi.

Selain rutin scrubbing atau luluran, oleskan pula essential oil seperti minyak bunga matahari setiap sehabis mandi dan sebelum tidur. Kandungan minyak ini mudah diserap kulit, menghidrasi, sekaligus mencerahkan area selangkangan.

Baca Juga:  Kasus HIV di Morotai Meningkat Drastis

4. Hydroquinone

Apabila teknik di atas kurang membuahkan hasil memuaskan, Anda dapat mencoba perawatan dermatologis hydroquinone untuk memutihkan kulit selangkangan yang gelap.

Perlu diingat bahwa perawatan ini harus dalam pengawasan dokter ahli dan tidak disarankan mencoba-coba sendiri di klinik kecantikan tanpa konsultasi terlebih dulu.

Selain itu, hydroquinone umumnya tidak boleh digunakan dalam jangka panjang karena memiliki efek samping.

5. Perawatan kulit dengan laser

Laser skin lightening juga termasuk perawatan dermatologis yang menggunakan energi panas dari cahaya, untuk mengurangi hiperpigmentasi pada kulit di area selangkangan.

Cara memutihkan selangkangan dengan metode laser juga perlu pengawasan dokter ahli supaya tindakannya sesuai yang diperlukan dan tidak berlebihan.

Setelah melakukan perawatan laser, biasanya ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan, seperti menghindari pakaian ketat dan tidak berolahraga berat dalam jangka waktu tertentu.

 

Artikel ini telah diterbitkan oleh CNNIndonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.