Beberapa Cara yang Perlu Dilakukan Pasangan Baru Menikah agar Cepat Hamil

Maluttimes.com – Setelah menihak, hal yang dinanti setiap pasangan adalah kehadiran sang buah hati. Kehamilan pun jadi hal yang ditunggu-tunggu.

Namun bagaimana jika momongan tak kunjung hadir?

Tak perlu khawatir, demi mempercepat peluang kehamilan, anda dan pasangan perlu melakukan beberapa hal pentingb untuk meningkatkan kesuburan masing-masing.

1. Tandai masa subur

Studi mencatat peluang hamil sebenarnya mencapai 15-20 persen jika pasangan berhubungan intim. Tapi, peluang ini bisa semakin besar jika seks dilakukan pada masa subur.

Masa subur adalah masa ketika sel telur yang sudah matang lepas dan siap dibuahi oleh sel sperma di dalam rahim. Biasanya, masa subur terjadi sekitar satu sampai tiga hari sebelum ovulasi.

Cara mengetahui masa subur, yaitu dengan rutin mencatat periode menstruasi dan durasi jeda hari terakhir menstruasi ke hari pertama menstruasi di bulan berikutnya.

Misalnya sekitar 28 hari, lalu ambil setengahnya berarti pada hari ke-14. Nah, masa subur biasanya terjadi pada hari ke-11 sampai hari ke-17.

Jika masih terasa sulit, coba unduh aplikasi pencatatan siklus haid di App Store atau Google Play Store, misalnya Flo. Setelah itu, masukkan data hari pertama haid dan hari terakhir haid setiap bulan selama enam bulan terakhir.

Selanjutnya, aplikasi akan membantu menghitung masa subur.

Baca Juga:  Kasus HIV di Morotai Meningkat Drastis

2. Seks di masa subur

Setelah mengetahui kapan masa subur, maka lakukanlah seks di periode ini. Namun, seks tidak harus dilakukan setiap hari di masa subur ini atau secara berlebihan.

Pasangan suami istri bisa mengatur jadwal untuk seks, misalnya di hari pertama, ketiga, dan kelima pada periode masa subur. Jadwal ini bisa disesuaikan dengan kesepakatan antara suami-istri, kondisi tubuh, dan lainnya agar seks menjadi nyaman.

3. Rutin berhubungan agar cepat hamil

Selain seks di masa subur, lakukan juga hubungan intim secara rutin. Ini untuk meningkatkan peluang hamil di luar masa subur.

Beberapa ahli menyebut produksi sperma tinggi pada pagi hari. Untuk itu, Anda bisa melakukan rutinitas seks pada pagi hari.

4. Perhatikan posisi seks

Cara cepat hamil berikutnya adalah menyesuaikan posisi seks. Posisi misionaris dengan suami di atas istri memungkinkan sperma bisa langsung mengalir ke saluran tuba setelah ejakulasi.

Selain misionaris, gaya doggy styles juga bisa dicoba karena memungkinkan penis bisa penetrasi lebih dalam, sehingga memudahkan jalan sperma.

5. Jangan stres dan kelelahan

Cara cepat hamil yang mungkin tidak disadari banyak orang adalah menjaga tubuh agar tidak stres dan kelelahan. Hal ini perlu diperhatikan oleh suami maupun istri.

Sebab, stres dan kelelahan bisa mempengaruhi kualitas sel telur dan sperma. Anda bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan agar stres terkelola dan tentunya istirahat yang cukup.

Baca Juga:  Kasus HIV di Morotai Meningkat Drastis

6. Jangan gunakan alat kontrasepsi

Saat ingin hamil, pastikan tidak ada alat kontrasepsi yang Anda gunakan. Misalnya, jika sudah pernah memasang alat kontrasepsi IUD, maka sebaiknya dilepas dulu.

Begitu juga dengan alat kontrasepsi yang disuntik, diminum, sampai kondom. Jangan gunakan alat kontrasepsi agar peluang cepat hamil semakin besar.

7. Jaga berat badan ideal

Selain jangan stres dan kelelahan, Anda juga perlu menjaga berat badan. Soalnya, kelebihan berat badan atau jumlah lemak yang tinggi bisa mengganggu ovulasi.

Penelitian menyebut orang dengan kelebihan berat badan umumnya butuh waktu lebih lama untuk bisa hamil daripada orang dengan berat badan ideal.

8. Terapkan gaya hidup sehat

Cara cepat hamil lainnya adalah ubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Sebab, gaya hidup seperti merokok, minum alkohol, sampai narkoba bisa memengaruhi kualitas sel telur dan sperma.

9. Konsumsi makanan bernutrisi

Kualitas sel telur dan sperma ditentukan oleh asupan makanan sehari-hari, terutama seberapa banyak dan tinggi kualitas protein dan karbohidrat kompleks.

Studi menyebutkan asupan makanan seperti keju, susu, buah, sayuran hijau, daging ayam, telur, sampai kacang-kacangan bisa meningkatkan kualitas kesuburan.

Baca Juga:  Kasus HIV di Morotai Meningkat Drastis

10. Konsumsi asam folat

Selain makan makanan sehat, Anda juga perlu menambahkan konsumsi asam folat agar cepat hamil. Asam folat diperlukan untuk kesuburan dan selanjutnya agar bayi tidak cacat saraf selama di kandungan.

Tak hanya perlu dikonsumsi oleh wanita, asam folat juga bermanfaat untuk kesuburan pria dengan meningkatkan kualitas serta jumlah sperma.

11. Kurangi olahraga berat

Olahraga perlu dilakukan untuk seks yang prima. Tapi, jangan berlebihan dan kurangi olahraga berat. Sebab, ini bisa berdampak pada proses ovulasi pada perempuan.

Buatlah jadwal dan jenis olahraga yang cocok agar tubuh fit namun tidak kelelahan. Misalnya, 1-3 kali seminggu dengan durasi olahraga 30-60 menit per sesi olahraga.

12. Konsultasi ke dokter

Jika segala macam cara sudah dilakukan namun belum ada hasil, maka segera konsultasikan ke dokter untuk segera ditemukan penyebab tak kunjung hamil dan solusinya.

Tidak ada waktu yang ideal untuk berkonsultasi, semua tergantung keinginan pasangan. Umumnya, konsultasi dilakukan setelah 1-2 tahun mencoba program hamil mandiri. Nantinya, dokter akan melakukan analisis lebih lanjut.

Itulah cara cepat hamil. Selain mencoba berbagai usaha, Anda dan pasangan juga perlu bersabar. Semoga berhasil.

 

Artikel ini telah diterbitkan oleh CNNIndonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.