Dermaga Speedboat Pulau Dodola Rusak dan Tak Berfungsi

MALUTTIMES – Dermaga speedboat yang dikenal dengan nama “Cape Of Talimau P Dodola” di Pulau Dodola, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara rusak. Lantai dermaga yang terbuat dari kayu itu tampak lapuk dan patah.

Mirisnya, proyek wisata yang dibangun sejak 2019 itu sampai sekarang sama sekali tak berfungsi.

Pembangunan dermaga dengan panjang kurang labih 100 meter itu terkesan dipaksakan. Sebab, dilokasi yang sama juga terdapat dermaga speedboat lain yang masih berfungsi.

Baca Juga:  Syamsudin Ode Maniwi Mendaftar Sebagai Bakal Calon Wakil Bupati di PKB Taliabu

Plt Kepala Dinas Pariwisata Pulau Morotai, Saban Lanoni mengaku tidak mengetahui pasti besaran anggaran pembangunan dermaga tersebut, karena dikerjakan sebelum dirinya menjabat Kepala Dinas Pariwisata.

“Jadi ada beberapa bangunan yang dibangun di Pulau Dodola itu semuanya satu paket di tahun 2019 lalu, dijaman mantan Kepala Dinas Pariwisata, Almarhumah ibu Nona Duwila,” katanya, Sabtu (20/4/2024).

Baca Juga:  Upacara Hari Otonomi Daerah ke-28 di Morotai Sepi

Ia berujar, dermaga itu dibangun sepaket dengan bangunan lainnya seperti, bothouse dan dua dermaga lainnya.

Tidak hanya jembatan atau dermaga, saban menyatakan sejumlah fasiltas wisata di Pulau Dodola telah mengalami kerusakan.

“Harus kita akui memang hampir sebagian besar fasilitas yang terdapat di Pulau Dodola mengalami kerusakan, bahkan ada yang sudah kategorikan cukup parah,” ucapnya.

Baca Juga:  Bupati James Uang Melayat Ke Rumah Duka Korban Lalu Lintas

Sekedar informasi, Dinas Pariwisata dan Bappeda Pulau Morotai telah melakukan pendataan terhadap beberapa fasilitas wisata Pulau Dodola yang rusak untuk diusulkan dalam anggaran tahun 2025.(iki/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.