Pemda Morotai Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dan Pelatihan Siskeudes

MALUTTIMES – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa melaksanakan Bimtek peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan pelatihan sistem keuangan desa (Siskeudes) berbasis online.

“Ada 88 kades dan bendaharanya mengikuti dua kegiatan itu,” kata Kadis PMD Pulau Morotai, Ida Arsyad ketika ditemui di sela-sela kegiatan, Senin (4/3/2924).

Menurutnya, kegiatan ini perlu dilakukan karena belum semua perangkat desa mengusainya sehingga harus ada beri pelatihan.

Baca Juga:  Sashabilah Mus, Jebolan Manchester University Pulang Kampung untuk Taliabu

“Pelatihan ini kita libatkan Inspektorat dan juga Dinas Keuangan. Itu dilakukan dalam rangka untuk menghindari adanya penyalahgunaan dan kesalahan-kesalahan yang bersifat administrasi. Itu target kita untuk buat pelatihan ini,” katanya.

Kadis PMD Morotai, Ida Arsyad. (Iki/maluttimes)

“Kemudian manfaat dari Siskeudes ini juga agar pekerjaan-pekerjaan administrasi desa itu tidak lagi menunda. Target kita itu agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan,” sambung Ida.

Baca Juga:  DPRD Halbar Gelar Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati 2023

Ia berharap, pasca kegiatan para Kepala Desa dan perangkatnya bisa lebih memahami tugas dan tanggungjawab mereka. Baik itu perencanaan, pelaksanaan, penata usahaan dan pertanggungjawaban penggunanaan dana desa.

“Karena selama yang diamatinya, program desa kadang tak tepat sasaran, yang saya amati itu, antara perencanaan dan pelaksanaan itu kadang kurang sinkron. Semoga dengan adanya kegiatan ini, sistem keuangan di desa lebih optimal,” harapnya.(iki/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.