Ini Pesan Pj Bupati Morotai Tentang Kapasitas Aparatur Desa dan Pengelolaan Keuangan

MALUTTIMES – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pulau Morotai melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan pelatihan pengelolaan keuangan desa berbasis online tahun 2024.

Kegiatan itu berlangsung di aula kantor Bupati Pulau Morotai, Maluku Utara selama 4 hari. Dimulai hari ini, Senin (4/3/2024). Dihadiri oleh Asisten II Setda Pulau Morotai, Qalbi Rasyid, Kepala DPMD, Ida Arsyad dan peserta kegiatan dari 88 Kepala Desa dan Bendahara di Pulau Morotai.

Sambutan Pj Bupati Pulau Morotai, M. Umar Ali yang dibacakan Asisten II Setda Pulau Morotai, Qalbi Rasyid menyampaikan pesan kepada seluruh Kepala Desa bahwa, dalam menjalankan peran dibutuhkan SDM yang handal serta profesional dan berintegritas. Karena pemerintahan desa tantangannya semakin besar dalam menjalankan fungsi pemerintahan, pelayanan, pemberdayaan serta pembangunan.

Baca Juga:  Turnamen Sepak Bola dan Bola Voli Siap Ramaikan HUT ke-11 Pulau Taliabu

“Peningkatan kemampuan aparatur desa sangat penting, agar pemdes mampu menjalankan peran dan tugas secara optimal. Penyelenggara pemerintahan desa dituntut karena mengelola anggaran yang cukup besar,” kata Qalbi Rasyid meneruskan sambutan Bupati.

Lanjutnya, Kepala Desa dan Perangkat Desa harus memahami regulasi yang berlaku, dalam pelaksanaan tata kelola Pemerintahan Desa dan Keuangan Desa.

Baca Juga:  Tauhid Soleman Salurkan Zakat ke Baznas Kota Ternate

“Perangkat desa harus proaktif, rajin berdiskusi dan membaca aturan, serta memanfaatkan teknologi, dalam menggali pengetahuan,” pintanya.

Dalam sambutan itu juga, Bupati menekankan kepada seluruh Kepala Desa bahwa, pembangunan desa yang dilaksanakan harus sesuai dengan janji-janji Kepalla Desa saat kampanye, dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.