Dukcapil Kepsul Tetap Buka Layanan e-KTP hingga Hari Pencoblosan

MALUTTIMES – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Maluku Utara tetap membuka pelayanan e-KTP hingga hari pencoblosan 14 Februari 2024.

Termasuk pada hari libur, 8-11 Februari 2024 dan juga saat tiba hari pencoblosan 14 Februari. Pelayanan ini merupakan kebijakan dari Pemerintah Pusat.

“Dalam mensukseskan pemilu yang akan datang, kita terus membuka pelayanan pada hari libur dan cuti bersama mulai pada tanggal 8, 9, 10, dan 11 Februari 2024,” kata Kepala Dinas Dukcapil Kepsul, Bambang Fataruba kepada wartawan, Jumat (9/2/2024).

Baca Juga:  Begini Respon Bawaslu Morotai soal Kabar PSU

Bambang mengatakan, pelayanan ini dilaksanakan sesuai dengan arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bahwa semua Dukcapil di Indonesia diarahkan untuk kerja meskipun pada hari libur.

“Target kami warga masyarakat Sula harus memiliki e-KTP. Jadi pelayanan ini juga berlangsung sampai pada hari pencoblosan tanggal 14 Februari,” katanya.

Bambang menerangkan, jenis pelayanan diantaranya perekaman e-KTP, percetakan e-KTP, serta aktivitas identitas kependudukan/IKD.

Baca Juga:  Empat Caleg di Kepulauan Sula Lapor Dugaan Kecurangan Pemilu ke Bawaslu

“Pada tahun 2023 akhir Desember kemarin, kami berhasil mencetak e-KTP pemilih pemula sebanyak 4 ribu sekian. Jadi untuk pemilih pemula yang belum mencetak e-KTP tercatat tinggal 1.900,” terangnya.

Dia menjelaskan, 4 ribu e-KTP yang berhasil direkam dan dicetak tersebut, bukan hanya menunggu masyarakat datang ke kantor, tetapi dengan turun ke sekolah-sekolah.

“Kami berharap dengan dibukanya pelayanan ini, pemilih pemula bisa datang dan melakukan perekaman sekaligus percetakan e-KTP,” harapnya.(tem/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.