2 Tahun AJI Ternate Konsisten Jaga Mutu Jurnalisme dan Advokasi Kasus Kekerasan Terhadap Jurnalis

MALUTTIMES – Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Kota Ternate, Maluku Utara telah mengalami transformasi yang signifikan selama dua tahun kepemimpinan Ketua Ikram Salim dan Sekretaris Faris Bobero. Sejak tanggal 5 Februari 2022, AJI Ternate telah menjalankan berbagai program capacity building (peningkatan kapasitas) yang tidak hanya meningkatkan keterampilan jurnalistik anggotanya, tetapi juga melibatkan diri dalam advokasi kasus kekerasan terhadap jurnalis di Maluku Utara.

Sejak menjabat dalam kepengurusan AJI Kota Ternate pada tahun 2022, Ikram dan Faris Bobero telah menunjukkan komitmen terhadap meningkatkan mutu jurnalisme dan melindungi hak-hak jurnalis. Keduanya memiliki visi yang jelas untuk membawa AJI Ternate menjadi kekuatan yang mampu memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan jurnalisme di wilayahnya.

Mereka menyadari bahwa keberlanjutan jurnalisme yang berkualitas memerlukan keterampilan dan pengetahuan yang terus diperbarui.

Baca Juga:  Pemda Taliabu Dapat Bantuan 47 Titik Internet Gratis dari BAKTI Kominfo

“Dalam era di mana teknologi informasi mendominasi dunia jurnalistik, AJI Ternate tidak tinggal diam. Secara aktif menyelenggarakan pelatihan digital security untuk menjaga keamanan data dan informasi jurnalis. Dengan dukungan AJI Indonesia keamanan digital, anggota AJI Ternate belajar cara melindungi identitas mereka dan mengamankan informasi yang mereka kumpulkan,” ungkap Ikram Salim, Senin (5/2/2024).

AJI Ternate juga membuktikan komitmen mereka terhadap keberagaman dan inklusivitas dengan mengirimkan beberapa anggota jurnalis perempuan untuk pelatihan gender. Ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan jurnalistik yang ramah gender dan menghilangkan stereotip yang mungkin ada dalam pemberitaan.

Baca Juga:  Empat Caleg di Kepulauan Sula Lapor Dugaan Kecurangan Pemilu ke Bawaslu

Ketika beberapa jurnalis di Maluku Utara mengalami intimidasi atau kekerasan dari apparat maupun pemerintah, AJI Ternate bergerak cepat untuk memberikan dukungan. Mereka tidak hanya memberikan bantuan moral, tetapi juga memberikan bantuan hukum jika diperlukan. Upaya ini bertujuan untuk melindungi kebebasan pers dan hak jurnalis untuk bekerja tanpa ancaman atau tekanan dari pihak manapun.

Dalam tiga tahun terakhir, AJI Ternate di bawah kepemimpinan Ikram Salim dan Faris Bobero telah mencatat sejumlah pencapaian. Bukan hanya sebagai wadah pers yang berkualitas, tetapi juga sebagai garda terdepan dalam melawan kekerasan terhadap jurnalis. Agenda atau advokasi yang bernah dilakukan yakni:

Baca Juga:  Pemda Morotai Gelar Rapat Konsultasi Publik RKPD Tahun 2025

Komitmen AJI Ternate terhadap keamanan digital, keberagaman gender, dan perlindungan jurnalis dari intimidasi atau kekerasan, telah menciptakan lingkungan yang lebih aman dan inklusif bagi para wartawan di wilayah Maluku Utara. AJI Ternate tidak hanya menjadi pengawal mutu jurnalisme tetapi juga menjadi pelindung hak-hak jurnalis di era yang penuh tantangan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.