Lepas 72 Calon Jemaah Haji, ini Pesan Wakil Bupati Halbar

MALUTTIMES – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat secara resmi melepas 72 Calon Jemaah Haji (CHJ) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara musim haji 1444 Hijiriah/tahun 2023.

Acara pelepasan berlangsung di Masjid Raya Sigi Lamo Jailolo, Minggu (28/5/2023). Dihadiri Wakil Bupati Halbar Djufri Muhamad, Kepala Kemenag Halbar Hasbullah Tahir dan sejumlah pimpinan OPD.

Wakil Bupati Djufri Muhamad dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Ibadah Haji merupakan rukun Islam yang ke-5 dan menjadi kewajiban setiap umat Islam yang mampu untuk melaksanaknya, kemampuan yang di maksud bukan hanya menyangkut segi materi belaka, akan tetapi meliputi Keimanan maupun Ketaqwaan sebagai seorang Hamba Allah.

“Oleh karena itu, saya harapkan agar para calon Jemaah Haji bisa menjalankan ibadah dengan baik dan terpenuhinya segala rukun dan wajib, sehingga nantinya bisa menjadi Haji yang Mabrur,” ujarnya.

Politisi Partai NasDem ini juga berharap, CJH harus patuhi dan taatilah segala ketentuan dan peraturan ibadah Haji serta arahan petugas resmi dari pemerintah. CJH juga harus mampu berpartisipasi dengan lingkungan dan budaya serta norma yang berlaku di tanah suci.

Acara pelepasan Calon Jemaah Haji Kabupaten Halmahera Barat

“Jadi CJH harus lebih tingkatkan pemahaman akan tata cara berhaji. Luruskan niat karena Allah SWT. Serta disiplin mengatur waktu dan menjaga kesehatan serta yang teramat penting menjaga kesabaran, karena itu menguji bagian dari Keimanan dan Ketaqwaan para CJH,” ujarnya lagi.

Mantan Anggota DPRD Halmahera Barat ini mengingatkan kepada pendamping haji yang di tugaskan agar tetap amanah dalam menjalankan tugasnya. Sebab menjadi petugas pendamping haji jangan diartikan sebagai hadiah melainkan amanah yang harus dijalankan dengan baik.

“Olehnya itu, pendamping haji harus bisa memahami dan menyadari bahwa tugasnya memiliki konsekuensi dan tanggungjawab besar. Baik dalam hal mengelola pelaksanaan haji. Kelancaran hingga para Jemaah Haji dalam menjalankan ibadah,” ucapnya.

Diakhir sambutan, Djufri mendoakan CJH yang berangkat Haji agar selalu dilindungi oleh Allah SWT. Agar pergi ke tanah sucih dan kembali ke Halmahera Barat dengan keadaan sehat dan selamat.

“Kami yang ada di Halmahera Barat akan selalu mendoakan Bapak ibu sekalian agar bisa melaksanakan rukun Islam ini dengan baik, dan kelak setelah kembali ke Halmahera Barat bisa menjadi teladan serta penerang baik bagi umat Islam, maupun segenap masyarakat kabupaten Halmahera Barat,” harapnya.(mg01/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *