Kabar Gembira, Tahun Ini Ibu Tengah dan Loloda Bakal Nikmati Jaringan 4G Telkomsel

MALUTTIMES – Masyarakat di Kecamatan Ibu Tengah dan Loloda Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) khususnya Soasio, Kedi dan sekitarnya dalam waktu dekat bakal menikmati layanan komunikasi 4G.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kominfo, Statistik & Persandian Kabupaten Halmahera Barat, Sahmi Salim, kepada MalutTimes, rabu (8/2).

Menurut Sahmi dalam waktu dekat PT. Telkomsel perusahan jasa telekomunikasi akan mengupgrade jaringan komunikasi dari 2G ke 4G pada Tower BTS Gamlamo Ibu dan Tower BTS Combat Soasio dan Kedi Loloda.

Untuk memuluskan langkah tersebut, Sahmi menjelaskan, PT. Telkomsel akan menggunakan akses point to point antara Tower BTS di Tolabit Kecamatan Kao Barat Halut, kemudian akan di teruskan ke Tower Repeater (penyangga) yang akan di bangun di Desa Pasalulu dan Desa Togowo Kecamatan Tabaru.

“Dua Tower Repeater di Tabaru itu nantinya jaringan 4G kemudian akan dipancarkan ke Tower BTS Gamlamo Ibu dan Tower BTS Combat Soasio, Kedi Loloda, sehingga masyarakat ibu tengah dan Loloda yang mengakses jaringan telekomunikasi di tower BTS Gamlamo Ibu dan  Soasio Kedi secara langsung akan menikmati layanan komunikasi berkekuatan 4G.

Baca Juga:  Sekolah Swasta di Morotai Dapat Dana untuk Membangun, Cek Disini

Sahmi mengatakan, upaya peningkatan kualitas jaringan telekomunikasi di Kecamatan Ibu sudah menjadi prioritas kerja Bupati James Uang dan Wakil Bupati Djufri Muhamad (JUJUR) melalui program Halbar Berdering yang di laksanakan oleh Dinas Kominfo, sehingga langkah koordinasi dan komunikasi dengan pihak provider yakni PT. Telkomsel wilayah Sulawesi – Maluku – Papua dan Kalimantan (Pamasuka) yang berpusat di Makkasar maupun dengan pihak Telkomsel Manado dan Ternate.

“Alhamdulillah, hasil komunikasi kami dengan pihak Telkomsel pada tahun 2023 ini, pekerjaan peningkatan jaringan telekomunikasi 4G di Tower BTS Gamlamo Ibu dan Soasio/Kedi Loloda sudah dalam tahapan persiapan, tinggal menunggu pembangunan dua Tower Repeater (penyangga) di Tabaru yang saat ini dalam proses persiapan pembangunan, jika sudah selesai di bangun maka jaringan 4G di Ibu Tengah dan Loloda sudah bisa aktif dan sesuai info dari pihak Telkomsel, jika tidak ada kendala, ditargetkan rampung di akhir semester pertama atau awal semester ke dua tahun 2023 ini,”ungkap Sahmi.

Baca Juga:  Safari Ramadan 2024, Alumni SMA 2007 di Kepulauan Sula Santuni Anak Yatim

Mantan Kabag Humas Pemda Halbar ini menambahkan, langkah peningkatan kualitas jaringan telekomunikasi bukan hanya dilakukan Dinas Kominfo di wilayah Kecamatan Ibu dan Loloda namun, juga di Kota Jailolo dan sekitarnya juga menjadi target prioritas.

“Ada beberapa Tower milik Pemda tidak di gunakan, kita upayakan di relokasi ke tempat yang lebih membutuhkan dan kita kerjasamakan dengan pihak Telkomsel untuk di gunakan oleh pihak Telkomsel melayani kebutuhan komunikasi masyarakat, sehingga asas manfaat dari aset daerah ini dapat dirasakan oleh masyarakat,”timpalnya.

Sahmi juga berterima kasih ke pihak Telkomsel atas dukungan dan kerjasama provider tersebut terhadap peningkatan akses jaringan komunikasi 4G di Kabupaten Halmahera Barat khususnya di Kecamatan Ibu dan Loloda.

” kami sangat berterima kasih kepada pihak Telkomsel atas komitmen dan dukungan terhadap upaya peningkatan akses komunikasi masyarakat di Kabupaten Halmahera Barat yang saat ini terus di galakkan Pemerintah Daerah,”pungkasnya.

Baca Juga:  JUJUR Optimis Menang Telak Di Pilkada 2024

Terpisah, Manager Network Operations and Productivity Telkomsel Ternate Maluku Utara Fredi Tandibura mengatakan, hadir nya jaringan 4G di Ibu dan Lolofa nanti  merupakan bagian dari konsistensi Telkomsel dalam mengakselerasi transformasi digital pelanggan di seluruh Wilayah Indonesia  termasuk di wilayah Hlmahera Barat melalui penyediaan teknologi jaringan broadband berteknologi terdepan dengan keunggulan kualitas yang merata.

” Kami optimis, kehadiran  layanan jaringan Telkomsel berkekuatan 4G di wilayah tersebut akan mampu meningkatkan ekonomi digital khususnya di Ibu dan Loloda  seiring dengan semakin terbukanya peluang yang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat dalam mengoptimalkan berbagai potensi kemajuan di berbagai wilayah dengan dukungan pemanfaatan teknologi digital terkini,”ungkapnya.

Fredi menjelaskan pihak Telkomsel akan terus berkolaborasi dengan Pemda dalam upaya mensolusikan kebutuhan coverage di wilayah Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.