Kolaborasi Bersama DLH Halsel, Unkhair Ternate Susun Masterplan Persampahan Kota Labuha

MALUTTIMES – Dalam rangka meminimalisir permasalahan sampah di kota Labuha Halmahera Selatan (Halsel) Maluku Utara, Universitas Khairun (Unkhair) Ternate bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Halsel kolaborasi penyusunan Masterplan Persampahan.

Ketua Tim Penyusun Masterplan, Dr. Arlinah Madjid saat dikonfirmasi MalutTimes.com Via Telepon, Jumat (16/12) mengatakan, Masterplan persampahan merupakan dokumen penting yang berisi kondisi eksisting persampahan, identifikasi permasalahan sampah, strategi penanganan sampah serta rekomendasi program pengelolaan persampahan dari hulu ke hilir di Kota Labuha.

“Keberadaan dokumen masterplan ini sebagai langkah awal penting yang akan memandu proses pengelolaan persampahan Kota Labuha yang mendukung Smart City Labuha,”jelas Arlinah.

Baca Juga:  Tinggi Gelombang Mencapai 2,0 Meter, Tobelo Masih Potensi Hujan Lebat

Ketua Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Budaya Unkhair Ternate ini menjelaskan, Penyusunan masterplan persampahan ini telah mencapai tahap Diseminasi Studi Pendahuluan yang diselenggarakan di Gedung Bappelitbanda Halsel.

Menurutnya, Kegiatan diseminasi yang terlaksana pada hari Kamis (15/12/2022) itu dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Halsel beserta tim penyusun dari Unkhair.

Baca Juga:  BMKG: Prediksi Angin Kencang Mengakibatkan Banjir di Wilayah Obi, Ibu dan sekitarnya

Dikatakannya, Dalam paparan presentasi tim penyusun pada diseminasi, kondisi eksisting permasalahan sampah Kota Labuha secara garis besar digambarkan melalui sebaran timbulan sampah, keterbatasan infrastruktur sampah seperti, TPS, truk sampah, kontainer, dan lain lain yang belum proporsional dengan luas area pelayanan.

Selain itu menurut Arlinah, rendahnya tingkat kesadaran warga tentang pengelolaan sampah, belum adanya penanganan sesuai SNI pelayanan di TPA Marabose, belum adanya proses pengolahan sampah agar bernilai ekonomis di TPA Marabose.

Baca Juga:  Diduga Beda Pilihan Pilkades, Pemdes Lelei Coret Nama Warga Penerima BLT

“Jadi Dinas Lingkungan Hidup Halsel telah menunjukkan komitmennya terhadap pengelolaan persampahan Kota Labuha melalui kolaborasi penyusunan masterplan persampahan ini, Perlu diketahui selama 15 tahun, ini kali pertama DLH Halsel memiliki dokumen masterplan pengelolaan persampahan,”tandasnya.(all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.