Beberapa Ayat Al Quran tentang Maulid Nabi Muhammad SAW

MALUTTIMES – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini jatuh pada 8 Oktober 2022. Ada sejumlah ayat tentang Maulid Nabi Muhammad SAW yang menjadi dalil perayaan hari kelahiran junjungan umat Islam tersebut.

Hari kelahiran Nabi Muhammad SAW diceritakan dalam sebuah riwayat yang berasal dari Abu Qatadah, bahwa Rasulullah SAW lahir pada hari Senin, 12 Rabiul Awal Tahun Gajah atau 570 Masehi.

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

Artinya: “Itu adalah hari aku dilahirkan, diangkat menjadi Nabi, dan diturunkannya kepadaku Al-Qur’an (pertama kali).” (HR Muslim)

Baca Juga:  Muhammadiyah Resmi Tetapkan 1 Ramadan 1444 H Jatuh pada 23 Maret 2023

Imam Ibnu Ishaq juga meriwayatkan dari Ibnu Abbas,

وُلِدَ رَسُولُ اللَّهِ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ، لِاثْنَتَيْ عَشْرَةَ لَيْلَةً خَلَتْ مِنْ شَهْرِ رَبِيع الْأَوَّلِ، عَام الْفِيلِ

Artinya: “Rasulullah dilahirkan di hari Senin, tanggal dua belas di malam yang tenang pada bulan Rabiul Awal, Tahun Gajah.”

Muhammad Andri Setiawan dan Karyono Ibnu Ahmad mengatakan dalam buku Program Bimbingan dan Konseling Pendekatan Qur’ani, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada tanggal 12 Rabiul Awal merupakan manifestasi dari wujud meneladani keutamaan keteladanan Rasulullah SAW.

Baca Juga:  Tambang dan Masa Depan Mahluk Hidup

Allah SWT berfirman dalam surah Al Ahzab ayat 21,

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَالْيَوْمَ الْاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًاۗ ٢١

Artinya: “Sungguh, pada (diri) Rasulullah benar-benar ada suri teladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat serta yang banyak mengingat Allah.”

Menurut Imam Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya, ayat tersebut merupakan dalil pokok yang paling besar yang menganjurkan kepada umat Islam untuk meniru Rasulullah SAW dalam semua ucapan, perbuatan, dan sepak terjangnya.

Baca Juga:  Muhammadiyah Resmi Tetapkan 1 Ramadan 1444 H Jatuh pada 23 Maret 2023

Oleh sebab itu, lanjut Ibnu Katsir, Allah SWT memerintahkan kepada kaum mukmin agar meniru sikap Nabi Muhammad SAW dalam Perang Ahzab, yaitu dalam hal kesabaran, keteguhan hati, kesiagaan, dan perjuangan, serta tetap menanti jalan keluar dari Allah SWT.

Selain ayat tersebut, berikut beberapa ayat tentang Maulid Nabi Muhammad SAW lainnya yang menjadi dalil perayaan hari bersejarah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.