Ini Deretan Ayat Al-Quran Tentang Hujan, Disebut sebagai Berkah dari Langit

MALUTTIMES – Hujan menjadi fenomena alam yang umum terjadi di muka bumi. Hujan bukan hanya sekedar proses jatuhnya air dari langit, dalam Islam peristiwa hujan disebutkan puluhan kali dalam ayat Al-Quran dan dianggap sebagai berkah.

Oleh Hafidz Muftisany dalam bukunya yang berjudul Ensiklopedia Islam dijelaskan hujan merupakan salah satu bentuk presipitasi uap air yang berasal dari awan yang terdapat di atmosfer. Proses pemanasan air laut oleh sinar matahari merupakan kunci utama proses hidrologi agar berjalan secara terus menerus.

Secara alami, siklus ini terjadi terus menerus. Proses terjadinya hujan ini dipaparkan oleh para ahli, namun sejatinya proses ini sudah tercantum dan dijelaskan dalam Al-Quran. 14 abad yang lalu, saat penduduk bumi belum mengenal proses terjadinya hujan, Allah sudah berfirman lewat ayat-ayat Al-Quran secara detail.

Baca Juga:  Bupati Kepsul dijadwalkan Bertemu Mendagri, ini yang akan Dibahas

Dalam buku berjudul Hadits-Hadits Sains, Fakta dan Bukti Ilmiah dalam Sabda Nabi Muhammad SAW dari Abdul Syukur Al-Azizi, hujan disebut sebanyak 55 kali dalam Al-Quran.

Ayat Al-Quran Tentang Hujan

Ayat Al-Quran yang menyinggung hujan ada dalam Al Quran surat Az-Zukhruf ayat 11:

وَالَّذِي نَزَّلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً بِقَدَرٍ فَأَنْشَرْنَا بِهِ بَلْدَةً مَيْتًا ۚ كَذَٰلِكَ تُخْرَجُونَ

Baca Juga:  Dapat Dukungan Maju Bupati Dua Periode Dari Haji Robert, Begini Pernyataan James Uang

Artinya: “Dan Yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu Kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur)”.

Ayat lain yang menyinggung hujan dapat ditemukan dalam Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 10:

هُوَ الَّذِي أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً ۖ لَكُمْ مِنْهُ شَرَابٌ وَمِنْهُ شَجَرٌ فِيهِ تُسِيمُونَ

Baca Juga:  Jalan depan Panti Sosial Himo-Himo Ternate Rusak hingga Berlubang, Warga Minta Diperbaiki

Artinya: “Dialah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebahagiannya menjadi minuman dan sebahagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu”.

Kemudian, hujan juga dijelaskan dalam surat Ar-Rum ayat 48:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.