oleh

KNPI Halbar Dukung Pengusulan Kapita Banau sebagai Pahlawan Nasional

JAILOLO – Usulan Kapita Banau sebagai Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Daerah Halmahera Barat (Halbar) mendapat dukungan dari berbagai elemen. Kali ini dukungan datang dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Halbar, Provinsi Maluku Utara.

“Kalau dari KNPI, kami ingin sampaikan bahwa Banau layak dapat gelar pahlawan nasional,” kata Ketua KNPI Halbar, Irwan Muchsin, Jumat (01/07/2022).

Benner-iklan-hut-ri-mt.gif

Menurut dia, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) wajib memberikan tanda jasa kepahlawanan kepada seorang pejuang asal Halbar yang membela dan melindungi segenap rakyat di daratan Halmahera, dengan jiwa patriotnya mampu memimpin masa untuk mengusir penjajah Belanda dari daratan Halmahera.

Baca Juga:  Kadis PUPR Maluku Utara Diberhentikan

“Sudah menjadi kewajiban Negara untuk memberikan tanda jasa kepahlawanan kepada Banau, lelaki perkasa yang memiliki andil besar dalam sejarah perjuangan bangsa ini, dengan jiwa patriotnya Banau mampu memimpin masa untuk mengusir Belanda dari daratan Halmahera,” ujarnya.

Irwan mengemukakan, KNPI Halbar akan berkoordinasi dengan KNPI pusat untuk meminta dukungan dan mengawal hingga tahapan pengusulan Banau sebagai Pahlawan Nasional ini sampai ke Kementerian Sosial hingga ke meja Presiden.

Baca Juga:  Geger! 3 Orang di Kepulauan Sula Ditemukan Tewas Mengenaskan

Ia berharap Pemerintah Daerah Halbar serius untuk mendorong Banau sebagai pahlawan nasional.

“Kalau soal koordinasi internal, kami tetap akan lakukan itu, KNPI Halbar juga akan menyurat ke DPP KNPI pusat untuk minta pengawalannya,” cetusnya.

Irwan mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mendukung proses pengusulan Banau sebagai Pahlawan Nasional.

“KNPI berharap TP2GD terus jalin komunikasi dengan elemen masyarakat, OKP maupun ormas untuk meminta dukungan. Kami tegaskan Banau untuk rakyat Maluku Utara,” tandasnya.(tr-01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.