oleh

Buka Bimbingan Manasik Haji 2022, ini Pesan Sekda Halbar

JAILOLO – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Syahril Abdul Radjak membuka secara resmi bimbingan manasik haji untuk calon jamaah haji musim haji tahun 1443 H/2022 M.

Kegiatan bimbingan dengan tema “Menjadikan Jamaah Calon Haji yang Mandiri dan Tawadhu” itu berlangsung di Aula Baikole Lantai II Kantor Bupati Halbar, Provinsi Maluku Utara, Selasa (31/5/2022).

Dalam sambutannya, Syahril Abdul Radjak menyampaikan dua hal yang perlu diperhatikan peserta bimbingan manasik haji yakni, pelaksanaan ibadah haji dan rukun haji. 

Selain itu ibadah haji merupakan rukun Islam yang wajib dilaksanakan umat Islam yang memenuhi kriteria telah mampu secara materi, fisik dan mental.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah Halbar, dengan suka cita dan turut bahagia mengucapkan selamat atas akan diberangkatkan calon jamaah haji tahun 1443 Hijriah, Tahun 2022 Masehi ke tanah suci,” ucapnya.

Lanjut Syahri, keberangkatan ini merupakan hal yang patut disyukuri karena, pemberangkatan jamaah haji tahun sebelumnya dibatalkan dengan memprioritaskan keselamatan dan kesehatan seluruh jamaah, karena situasi pandemi yang belum kondusif.

“Atas nama pemerintah daerah menaruh perhatian yang sangat serius khusus calon jamaah haji yang masuk daftar berangkat tahun ini untuk secepatnya memperoleh ilmunya lewat bimbingan manasik haji yang di koordinasi instansi teknis kementerian agama,” katanya.

Syahril berpesan kepada seluruh calon jamaah haji Halbar agar tak lupa mendoakaan diri sendiri, keluarga dan juga untuk Kabupaten Halbar agar senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah S.W.T., terbebas dari bencana dan mampu mengurai berbagai macam permasalahan.

Sementara, itu, Ketua Panitia Manasik Haji, Muchdar Mustafa menambahkan, tersebut dilaksanakan selama tiga hari. 

“Dua hari itu materinya dan satu hari akan dilaksanakan napak tilas. Materi yang akan diberikan itu tentang kebijakan pemerintah terkait dengan keberangkatan haji, kesehatan haji dan pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi,” katanya.

Muchdar menambahkan, sesudah tahapan ini, seluruh jamaah akan diistirahatkan dalam beberapa hari menunggu jadwal pemberangkatan pada 23 Juni 2022 menuju tempat transit di Asrama Haji Kota Ternate.

“Kemudian tanggal 25 Juni baru diberangkatkan dari Asrama Haji Ternate ke Makassar,” ujarnya.

“Untuk pembentukan kloter, jamaah Halmahera Barat masuk di kloter 11 bergabung sama Kota Ternate, Halmahera Timur dan ada beberapa kabupaten/kota lagi sama- sama dengan Halmahera Barat,” sambung Muchdar.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.