Safety Goes to School, Harita Nickel Beri Edukasi Budaya K3 kepada Siswa SMA Tunas Muda Kawasi

 MALUTTIMES – Dalam rangka memperingati bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional tahun 2024, Harita Nickel selaku perusahaan pertambangan dan industrialisasi nikel terintegrasi berkelanjutan, melalui salah satu entitas bisnisnya, PT Halmahera Jaya Feronikel, menggelar kegiatan Safety Goes to School yang dilaksanakan di SMA Tunas Muda Desa Kawasi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, Sabtu (20/01/2024).

Lebih dari 60 siswa mengikuti dua jenis pelatihan K3 yaitu, upaya pemadaman kebakaran ringan dan teknik berkendara yang aman.

Khusus untuk kegiatan pertama, perusahaan pertambangan dan hilirisasi terintegrasi ini menerjunkan 3 personil dari Emergency Response Team (ERT) dan 5 personil dari Departemen Occupational Health and Safety (OHS) untuk memperagakan upaya pemadaman api menggunakan selimut basah.

Baca Juga:  Polisi Bekuk Pengedar Ganja di Kepulauan Sula

“Pelatihan ini kami rancang agar menyenangkan. Ibaratnya, kami berbagi pengetahuan dengan adik-adik siswa untuk menjadi tokoh animasi di serial Avatar, yang mampu mengendalikan berbagai elemen bumi, khususnya api. Sekaligus kami memberikan pemahaman mengenai elemen kimia yang menjadi unsur api, sehingga kita mampu mengendalikannya,” ujar OHS Supervisor Harita Nickel, Hendri Saputro melalui siaran pers yang diterima redaksi maluttimes.com, Jumat (26/1/2024).

Emergency Rescue Team (ERT) Harita Nickel memberikan contoh cara memadamkan kebakaran ringan menggunakan selimut basah. (Istimewa)

Hendri menjelaskan, program edukasi ini bertujuan untuk mengenalkan praktik K3 yang dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari, seperti di rumah dan sekolah. Hal ini sejalas dengan komitmen Harita Nickel terkait K3 yaitu, menjaga agar kegiatan operasional perusahaan tetap aman melalui budaya K3, sekaligus membawa dampak sosial yang positif bagi masyarakat.

Baca Juga:  Begini Respon Bawaslu Morotai soal Kabar PSU

“Kami percaya generasi muda yang mengikuti program ini adalah agen-agen perubahan yang mampu meneruskan budaya K3 di masa depan, dimulai dari lingkungan terdekat. Kami juga turut membagikan 65 botol minum atau tumbler kepada seluruh siswa dan guru, sebagai bagian dari komitmen kami dalam menurunkan penggunaan plastik sekali pakai,” jelasnya.

Hendri menambahkan, tahun ini, bulan K3 Nasional mengusung tema Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha.

Baca Juga:  Bawaslu Morotai Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

“Selaras dengan tema tahun ini, Harita Nickel ingin membawa semangat Budaya K3 selangkah lebih maju, yaitu ke masyarakat yang dekat dengan wilayah operasional kami. Kami melihat bahwa perusahaan dan masyarakat berada dalam satu ekosistem ekonomi sosial, yang bergandengan tangan memajukan ekonomi Indonesia, dan Halmahera Selatan pada khususnya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.