FTJ 2023 Resmi Dihelat, Begini Sambutan Bupati James Uang

MALUTTIMES – Bupati Halmahera Barat, James Uang secara resmi membuka event tahunan Festival Teluk Jailolo (FTJ) yang ke-14 tahun 2023 dengan tema, “Culture and Spice Island Energy”. Terpusat di Desa Gufasa Kecamatan Jailolo, Rabu (7/6/2023).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Halmahera Barat, James Uang, yang disaksikan oleh Wakil Bupati Halmahera Barat Djufri Muhamad, Plh Sekda Halbar Jubair T Latif, Sultan Jailolo, Kapolres, Kajari dan Ketua DPRD serta seluruh SKPD Halmahera Barat.

Bupati James dalam sambutannya mengatakan, agenda tahunan Festival Teluk Jailolo merupakan promosi parawisata dan budaya yang dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten halmahera barat, dalam rangka mengajak pengunjung atau wisatawan untuk mengenal lebih dekat pesona Indonesia timur baik dari sisi alam, budaya dan tradisi, karya ekomomi kreatif serta kerahmatan masyarakat Halmahera Barat.

Baca Juga:  Awal April 2024, PDIP Taliabu Buka Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah

Menurutnya, semua potensi tersebut akan dikenalkan demi menjaga keberlangsungan dan pelestarian alam budaya dan tradisi di Halmahera Barat.

“Ini merupakan FTJ yang ke-14, dimana tema pelaksanaan kali ini yang diangkat adalah ” Culture and Spice Island Energy”. Tentunya tema ini memiliki makna semangat parawisata untuk dapat terus bangkit dengan energy dan kekuatan budaya yang menjadi dasar hidup halmahera barat,” kata James.

Baca Juga:  DP2KP Morotai Berencana Kembali Gelar Pasar Murah, ini Jadwalnya

Gelaran FTJ tahun 2023 ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena saat ini akan menampilkan beberapa kegiatan baru yaitu kolaborasi cultural event dan sport tourism diantaranya, Ritual Sigofi Ngolo, Orom Sasadu, Sasadu On The Sea, Ekspedisi Tanah Tabaru, Ekraf Go To School, E-Sport Compettion, FTJ Idol, Tari Kreasi Berbasis Budaya, Bolla Voli, Lomba Dayung dan Hiburan Masyarakat.

“Kepada seluruh masyarakat  salah satu identitas kita yaitu Bhineka Tunggal Ika. Bagi saya, menjaga persatuan dan kesatuan merupakan salah satu wujud dari partisipasi masyarakat terhadap pembangunan daerah,” tuturnya.

Baca Juga:  Sambutan Pj Bupati Morotai dalam Kegiatan Forum Lintas OPD Tahun 2024

“Olehnya itu Kabupaten Halmahera Barat yang kita cintai ini terus terjaga sehingga kondisi aman dan kondusif ini dapat kita nikmati sekaligus menjadi contoh bagi daerah lain yang ada di Maluku Utara,” sambung James.

Diakhir sambutannya, James menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan FTJ tersebut.

“Mari kita jaga kekompakan dan selalu bergandengan tangan, karena dengan kebersamaan inilah maka kunci utama kita dalam mewujudkan masyarakat yang aman, adil dan sejahtera bisa kita wujudkan bersama,” tambahnya.(mg01/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.