Pemda Morotai Gelar Rapat Penyelesaian Konflik Gotalamo-Darpan

MALUTTIMES – Pj Bupati Pulau Morotai, Muhammad Umar Ali memimpin rapat bersama tokoh agama, masyarakat, pemuda serta Pemerintah Desa Gotalamo dan Desa Daruba Pantai (Darpan) tentang penyelesaian konflik antar kelompok pemuda dua desa tersebut. Rapat berlangsung di Aula Kantor Bupati Pulau Morotai, Maluku Utara, Rabu (31/5/2023) siang.

Hadir juga dalam rapat Sekda Morotai F. Refi Dara, Kapolres Morotai AKBP Agung Reza Pratidina, Dandim 1514/Morotai Letkol Inf. Harriyanto Hendrik, Kajari Kepulauan Morotai, Sobeng Suradal, Kades Darpan Riswan Totona dan Kades Gotalamo Sibli Tanimbart.

Salah satu Tokoh Agama Desa Daruba Pantai, Habib Fahrul Alhamid dalam pertemuan itu mengatakan, persoalan ini sudah terjadi tiga bulan lamanya. Segala upaya terus dilakukan untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi, tapi sayangnya konflik tetap berlanjut.

Baca Juga:  Rayakan HUT Korpri ke-52, ini Pesan Pj Bupati Morotai kepada ASN

“Ini hobi anak-anak umur dibawa 20 tahun. Ada 4-5 orang lakukan pelemparan warganya sendiri, tapi mereka tidak tau, begitu sebaliknya,” katanya.

Menurut dia, solusi untuk meminalisir hal ini adalah mendirikan pos pengamanan permanen di perbatasan kedua desa.

“Sudah lakukan pertemuan, tapi persoalan tetap berlanjut. Apalagi pemuda sudah dibawah pengaruh minuman keras, siapun yang menasehati¬† tidak akan digubris, siapa yang tidak marah jika rumahnya dilempar,” ucapnya.

Baca Juga:  Jabat Caretaker Ketua DPC Britari Taliabu, Marleni Hi Asibu Siap Action

Pemicu lain kata Fahrul adalah acara ronggeng diwaktu malam. Pemda sendiri telah mengeluarkan surat larangan, tapi Pemda tidak tegas sehingga acara ronggeng tetap dilakukan.

“Saya mohon pak Bupati pesta tidak boleh diizinkan,” pintanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.