Ini 5 Sosok yang Akan Muncul Menjelang Kiamat Tiba, Tidak Hanya Dajjal

MALUTTIMES – Kemunculan Dajjal mungkin menjadi tanda-tanda datangnya hari kiamat yang sudah banyak diketahui muslim. Ternyata, ada sejumlah sosok lain juga muncul bergantian maupun bersamaan dengan Dajjal jelang hari kiamat kelak.

Keterangan tersebut didasarkan pada pendapat ulama fiqih aliran Mazhab Syafi’i Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari. Pendapatnya terangkum dalam buku Teologi Al Banjari yang diterjemahkan oleh Khairil Anwar.

Meski waktu kedatangannya merupakan rahasia milik Allah SWT, tidak ada salahnya muslim memahami gambaran hari kiamat berdasarkan keterangan yang ada sebagai bentuk mengimani datangnya hari akhir.

Baca Juga:  Konsul Jenderal Australia di Makassar Kunjungi Maluku Utara, Perdalam Kemitraan di Berbagai Sektor

Ini 5 Sosok yang Datang Jelang Hari Kiamat

1. Dabbah

Secara bahasa, Dabbah bermakna jenis binatang melata yang dapat berbicara. Dabbah memiliki ciri yang ganjil seperti didefinisikan Ibnu Abbas yakni, berambut dan berbulu dengan banyak warna, memiliki empat kaki, dan berwajah manusia.

Kedatangan Dajjal jelang hari kiamat disandarkan pada salah satu riwayat hadits yang diceritakan Abdullah bin Amr. Ia mengutip perkataan Rasulullah SAW yang berbunyi,

Baca Juga:  Satu Rumah Warga di Rehab Baznas Kota Ternate

“Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang Kiamat) ialah terbitnya matahari dari Barat dan munculnya binatang melata (Dabbah) menemui manusia pada waktu Dhuha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi.” (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Bukti lainnya dikabarkan dalam surah An Naml ayat 82. Allah SWT berfirman,

Baca Juga:  Pembangunan Jembatan Kilo 4 Di Sanana Dipindahkan Tanpa Adendum, Begini Alasan Kadis PU-PR

فَاِنْ تَوَلَّوْا فَاِنَّمَا عَلَيْكَ الْبَلٰغُ الْمُبِيْنُ

Artinya: “Apabila perkataan (ketentuan masa kehancuran alam) telah berlaku atas mereka, Kami mengeluarkan makhluk bergerak dari bumi (Dabbah) yang akan mengatakan kepada mereka bahwa manusia selama ini tidak yakin pada ayat-ayat Kami.”

Abu Daud Ath Thayalisi dan Hakim mendengar cerita Hudzaifah RA soal cerita Rasulullah SAW tentang kemunculan Dabbah. Dijelaskan bahwa kemunculan Dabbah akan terjadi sebanyak tiga kali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.