Kisah Seorang Mujahid dan Cahaya yang Keluar dari Makam Istrinya

MALUTTIMES – Ada sebuah kisah tentang mujahid dan cahaya yang keluar dari makam istrinya. Saat itu, istrinya meninggal dunia dalam keadaan mengandung putra mereka.

Kisah ini diceritakan Imam Ibnul Jauzi dalam ‘Uyun Al-Hikayat Min Qashash Ash-Shalihin wa Nawadir Az-Zahidin dan diterjemahkan oleh Abdul Hayyi Al-Kattani. Dia menceritakan kisah ini dari Zaid bin Aslam dari ayahnya.

Zaid mengatakan, waktu itu, ketika Umar bin Khaththab RA sedang berkumpul dengan orang-orang, ada seorang laki-laki lewat sambil memanggul anaknya di atas pundak.

Baca Juga:  Bupati Kepsul dijadwalkan Bertemu Mendagri, ini yang akan Dibahas

“Saya tidak pernah melihat kemiripan seekor gagak dengan burung gagak lainnya semirip anak itu dengan ayahnya tersebut!”kata Sayyidina Umar ketika melihat orang tersebut.

“Wahai Amirul Mukminin, sungguh anak ini lahir ketika ibunya sudah meninggal dunia,” kata orang itu.

“Celaka engkau! Bagaimana itu bisa terjadi?” tanya Sayyidina Umar.

Mujahid tersebut bercerita, saat itu ia tergabung dalam berbagai misi di saat istrinya sedang hamil. Ketika hendak pergi, ia pamit kepada istrinya seraya berkata, “Saya titipkan yang ada dalam perut ini kepada Allah SWT.”

Baca Juga:  Kapal Pengangkut 10 Ton BBM Tenggelam di Perairan Morotai

Singkat cerita, mujahid itu pun pulang dari misi tersebut. Begitu sampai, ia mendapat kabar bahwa istrinya telah meninggal dunia.

Pada suatu malam, ia duduk-duduk di Baqi’ bersama para sepupunya. Tiba-tiba, ia melihat sebuah cahaya mirip lentera di pemakaman. “Cahaya apa itu?” tanya mujahid kepada para sepupunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.