Pengurus PKK Kepulauan Sula Resmi Dilantik

Bupati Kepsul Hj. Fifian Adeningsih Mus didampingi Wakil Bupati M. Saleh Marasabessy jabat tangan usai melantik pengurus PKK Kepsul

SANANA – Bupati Kepulauan Sula (Kepsul) Hj. Fifian Adeningsih Mus resmi melantik pengurus Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Kepsul. Pelantikan dilaksanakan di Istana Daerah (Isda), Desa Fagudu, Kecamatan Sanana, Selasa (14/09/2021) malam. Acara ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, keberadaan kaum perempuan yang terwadahi dalam organisasi penggerak PKK memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan serta membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh, khususnya untuk perempuan dan anak-anak di Kepsul.

“Peran strategis gerakan PKK dalam membantu tugas pemerintah dapat dilihat dari 10 program yang sangat sinergi dan strategis dengan program-program yang ingin dilaksanakan pemerintah daerah sesuai dengan visi dan misi Sula Bahagia,” kata Ningsih.

Ia mengemukakan beberapa point strategis dalam program PKK diantaranya, pertama, upaya penanggulangan kemiskinan. Dimana gerakan PKK telah mengambil bagian penanggulangan yang terepresentatif pada program pokok ke-8 yaitu pengembangan pemberdayaan keluarga dengan jalur melatih dan membina serta bekerjasama dalam meningkatkan ekonomi.

Kedua, upaya penanggulangan kelaparan yaitu membantu dalam penanggulangan pangan dengan mengaktifkan penyuluhan untuk pemanfaatan lahan pekarangan dengan menanam tanaman produktif bagi kaum wanita.

“Dan yang ketiga adalah upaya memberikan pelayanan dasar yakni pendidikan dasar untuk semua, dimana melalui peningkatan keterampilan dan pendidikan sangat membantu untuk memberikan pengatahuan khususnya kaum wanita sampai ke pelosok desa,” cetusnya.

Sedangkan untuk bidang kesehatan yakni, “upaya menurunkan angka kematian anak dan meningkatkan kesehatan ibu serta memberikan edukasi terkait penenganan Covid-19 dan memerangi HIV/AIDS,” tandasnya.(tem)