BPTD Maluku Utara Siapkan 17 Armada Ferry Antisipasi Lonjakan Penumpang Lebaran 2023

MALUTTIMES – Antisipasi lonjakan penumpang lebaran, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXIV Maluku Utara siapkan 17 kapal ferry untuk mengantisipasi lonjakan penumpang lebaran tahun 2023.

Hal ini sesuai hasil koordinasi persiapan angkutan penyeberangan pada masa Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah/Tahun 2023 bersama sejumlah stakeholder berlangsung di Dapur Sorasa, Kota Ternate, Kamis (6/4/2023).

Dari 17 kapal Ferry itu akan melayani seluruh jalur penyeberangan di Provinsi Maluku Utara dan beroperasi saat masa posko lebaran mulai 14 April- 2 Mei 2023.

Baca Juga:  Warga Muhammadiyah Kepulauan Sula Shalat IED 10 April 2024, ini Lokasinya

Ditemui sejumlah wartawan, Kepala BPTD Wilayah XXIV Maluku Utara, Lilik Handoyo menjelaskan bahwa armada ferry itu sudah dilakukan pengecekan baik sarana dan prasarana. Ini semua guna memberikan pelayanan yang aman nyaman kepada masyarakat terkait pelaksanaan angkutan lebaran.

Selain kesiapan armada, ada juga penambahan jumlah trip penyeberangan seperti halnya tahun lalu.

Baca Juga:  Polres Taliabu Rakor Lintas Sektoral, Bahas Pengamanan Idul Fitri 2024

“Untuk rute Bastiong-Rum normalnya 4 kali trip sehari, khusus angkutan lebaran, kapal Ferry dijadwalkan beroperasi sebanyak 10 kali trip. Sementara rute Bastiong-Sofifi dari 8 trip menjadi 10 trip per hari, termasuk penambahan trip untuk jalur penyeberangan Bastiong-Sidangoli hingga trip ke Makian, Kabupaten Halmahera Selatan,” jelasnya.

“Kalau kita lihat dari tahun ke tahun yang sangat signifikan itu terjadi di lintasan Bastiong-Rum. Sehingga ini semua masih bersifat situasional. Kalau daya angkut penumpang tinggi melampaui target, maka tripnya akan kita tambah,” sambungnya.

Baca Juga:  Unipas, AJM dan MTsN 1 Morotai Teken MoU Kemitraan Informasi dan Pendidikan

Selain memastikan kesiapan armada Ferry, BPTD juga telah melakukan ramp check terhadap angkutan bus atau Damri Perintis yang beroperasi di seluruh wilayah Provinsi Maluku Utara.(tim/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.