Tiga Siswa SMA Negeri 8 Kota Ternate Wakili Malut Lomda Debat NSDC dan LDBI Tingkat Nasional

TERNATE – Tiga siswa SMA Negeri 8 Kota Ternate berhasil meraih prestasi membanggakan. Ketiganya akan mewakili Provinsi Maluku Utara (Malut) dalam lomba debat National School Debating Championship (NSDC) dan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) jenjang SMA/MA tingkat Nasional tahun 2022.

Mereka masing-masing adalah, Ni Iluh Nova W (peserta LDBI), Disa Awaliyah (Peserta NSDC) dan Wiwin Nuraini S. (Peserta NSDC). Ketiganya berhasil lolos dalam seleksi tingkat provinsi.

“Berdasarkan surat hasil seleksi lomba NSDC dan LDBI tanggal 16 Juli 2022 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi, SMA Negeri 8 Kota Ternate akan berkolaborasi dengan SMA Negeri 1 Kota Ternate (LDBI) dan SMA Negeri 10 Kota Ternate (NSDC) pada lomba tingkat Nasional mendatang,” ungkap Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Kota Ternate, Dra. Munira Assagaf, M.Pd., melalui siaran pers yang diterima maluttimes.com, Senin (18/07/2022).

Baca Juga:  Satu Rumah Warga di Rehab Baznas Kota Ternate

Menurutnya, lomba debat seperti ini adalah salah satu media bagi para siswa untuk mengasah kemampuan berpikir kritis, solutif dan inovatif. Selain itu juga keunggulan lain yakni melatih keberanian dalam mengungkapkan pendapat, dan responsive terhadap lingkungan sekitar.

“SMA Negeri 8 Kota Ternate sudah berlangganan menjadi peserta lomba debat NSDC dan LDBI mewakili Provinsi Maluku Utara di tingkat Nasional. Harapannya tahun ini siswa SMA Negeri 8 dengan tim yang akan berkolaborasi dengan siswa dari sekolah lain dapat memberikan prestasi terbaiknya dari tahun tahun sebelumnya,” kata Munira.

Baca Juga:  Seleksi PPPK Taliabu Dimulai, Kadisdik Pantau Pelaksanaan Tes

Lanjut Munira, persiapan yang diilakukan oleh guru pembimbing diantaranya adalah, latihan secara rutin pada hari Jumat atau Sabtu sore di sekolah. Hal ini bertujuan untuk memantapkan materi dan membangun keterikatan peserta dalam satu tim yaitu Tim Maluku Utara.

“Biasanya saat mendekati hari pelaksanaan lomba akan diadakan latihan gabungan dengan peserta dari sekolah lainnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Mencegah Terjadinya Abrasi, Mahasiswa Biologi Unkhair Gelar Konservasi di Gambesi

Munira menambahkan, lomba debat ini menggunakan sistem debat parlementer. Olehnya itu pada proses latihan, para siswa didampingi oleh guru pembimbing yaitu Winnarsih, S.Pd. (Pembimbing LDBI) dan Nurmalia Albaar, S.Pd. (Pembimbing NSDC).

Ia berharap Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Utara dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar dapat memberikan dukungan baik secara materi dan moril untuk para siswa yang sudah berkompetisi.

“Dengan adanya penghargaan seperti ini bisa menjadi motivasi positif untuk siswa itu sendiri maupun siswa yang lain dalam berkompetisi,” ucapnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.