Diskominfo Halbar Bakal Luncurkan Platform Halbar Digital Care

Kepala Dinas Kominfo Halbar: Sahmi Salim

Bacaan Lainnya

JAILOLO – Untuk mengembangkan Literasi Digital, Dinas Kominfo Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) bakal meluncurkan Platform Halbar Digital Care atau program halbar peduli digital.

Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Halbar Sahmi Salim kepada wartawan Rabu (19/01/2022) mengatakan, Platform halbar digital care atau program halbar peduli digital ini merupakan bagian dari upaya pemda halbar dalam menggencarkan literasi digital bagi masyarakat melalui kegiatan kegiatan yang mengarah pada pemanfaatan teknologi informasi.

Selain itu menurut Sahmi, program Halbar Peduli Digital ini bertujuan untuk mendukung 9 rencana aksi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Bupati khususnya Halbar Berdering dan Halbar Pintar.

“Untuk tahun 2022, kegiatan yang akan di laksanakan dalam platform halbar digital care meliputi kegiatan pembagian Handphone Android yang di lengkapi dengan aplikasi pembelajaran mandiri bagi siswa SMA yang berprestasi dengan kategori kurang mampu,”ungkap mantan Sekretaris Diskominfo.

Menurutnya, Langkah tersebut dilakukan untuk mendongkrat pengetahuan para siswa dengan metode pembelajaran mandiri melalui aplikasi, selain itu Diskominfo juga akan melaksanakan kegiatan literasi digital yakni Sosialisasi Etika Penggunaan Medsos yang juga masuk dalam platform halbar digital care.

Sahmi menambahkan khusus untuk kegiatan pembagian handphone android beserta aplikasi belajar mandiri, saat ini pihaknya tengah menjajaki kerjasama dengan pihak pengembang aplikasi  Ruang Guru dan akan mendata siswa berprestasi dengan kategori kurang mampu di sekolah sekolah SMA yang ada di Halbar.

“kita tengah menjajaki kerjasama dengan pihak pengembang aplikasi Ruang Guru, karena sesuai arahan pak Bupati seluruh perangkat Handphone android dan aplikasi belajar mandiri di dalamnya akan di berikan kepada para siswa secara gratis alias seluruh perangkat ini sepenuhnya akan dibiayai pemda halbar melalui Dinas Kominfo,”tukasnya

Sahmi juga mengatakan, kedepan melalui platform halbar digital care ini, selain di peruntukkan bagi para siswa, program tersebut juga akan di arahkan untuk kegiatan masyarakat yang lain dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui pengembangan aplikasi yang bersentuhan dengan kegiatan masyarakat.

“Platform halbar digital care kedepan akan kita jadikan icon program Diskominfo Halbar yang nantinya di kemas melalui kegiatan kegiatan yang bersentuhan dengan ruang digital,”tandas Sahmi.(red)

Pos terkait