DPRD Prioritaskan Pembangunan Dermaga Tanjung Pura Moti Tahun ini

Kondisi dermaga tanjung pura Kecamatan Moti, Kota Ternate (doc/brindonew.com)

TERNATE – Pembangunan dermaga tanjung pura di Kecamatan Moti, Kota Ternate, Maluku Utara menjadi prioritas DPRD Kota Ternate untuk dikerjakan di tahun 2022.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi II DPRD Kota Ternate Yamin Rusli saat hadir dalam hearing bersama dengan Aliansi Peduli Pelabuhan Tanjung Pura Moti, Senin (10/1/2022). Dermaga Tanjung Pura ini rusak pasca dikerjakan pada 20217 silam.

Bacaan Lainnya

“Untuk dermaga tanjung pura ini sebenarnya telah dianggarkan sebanyak 3 kali dalam penganggaran APBD. Pada 2017 sekitar Rp800 juta melalui dana alokasi khusus untuk pembangunan dermaga tanjung pura. Namun untuk problemnya adalah pekerjaan dermaga itu asal jadi saja dan sangat tidak berkualitas, sehingga sekitar 3 bulan jembatan tersebut sudah rusak,” katanya.

Sementara untuk di tahun 2021, DPRD sudah menyiapkan data-data pendukung untuk mengusulkan melalui dana alokasi khusus melalui kementerian perhubungan. Akan tetapi data itu masih kurang.

“Sehingga dua minggu lagi DPRD sudah melakukan pertemuan dengan dinas perhubungan, untuk menyiapkan data pendukungnya untuk kembali diajukan ke Kementerian perhubungan. Saat ini kita lagi persiapan data pendukung dari perhubungan, untuk diajukan lagi ke Kementerian perhubungan,” jelasnya.

Yamin menyebutkan, berkait masalah jembatan tersebut akan ditindaklanjuti dengan mengundang dinas perhubungan untuk rapat gabungan komisi.

“Karena ada belanja tak terduga kurang lebih Rp7,5  miliar kita akan meminta desain belanja tak terduga itu seperti apa, apakah pelabuhan Tanjung pura itu masuk dalam belanja tak terduga atau tidak, ini yang akan kita meminta desainnya,” ungkapannya.

Selain dermaga itu, msalah talud penahan ombak juga saat ini menjadi tuntutan warga. Maka di tahun 2022 ini ada juga anggaran untuk pembuatan talud.

“Untuk tempatnya belum diketahui namun jika ada yang urgen maka bakal dilakukan pada tempat yang dianggap urgen tersebut,” ujarnya.(red)

Pos terkait