Sambut Hajat Ke-771, Pemerintah Kecamatan Ternate Pulau Gandeng Kelurahan Gelar Pentas Seni dan Budaya

TERNATE – Dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Ternate (Hajat) yang ke-771, Pemerintah Kecamatan Pulau Ternate bersama Kelurahan se-kecamatan Pulau Ternate menggelar pentas seni dan budaya di Sekretariat Pemuda Kelurahan Jambula, Selasa (28/12/2021).

Pentas seni dan budaya yang digelar Pemerintah Kecamatan Ternate Pulau bersama Kelurahan se-kecamatan Ternate Pulau dengan tema, “Melestarikan Adat dan Budaya Gamlamo” itu diinformasikan akan berlangsung selama lima hari terhitung 27-31 Desember 2021.

Bacaan Lainnya

Acara tersebut menyajikan berbagai macam kegiatan diantaranya Baca Puisi Bahasa Ternate, Tarian Daerah, Live Musik, dan Bacarita Kampong.

Ketua Panitia Kegiatan Fahri Robo saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, kegiatan ini merupakan kerja sama antara pemerintah Kecamatan Ternate Pulau dan enam Kelurahan yang berada di Kecamatan Ternate Pulau, enam Kelurahan itu di antaranya Kelurahan Jambula, Kelurahan Foramadiahi, Kelurahan Kastela, Kelurahan Rua, Kelurahan Dorpedu, dan Kelurahan Afe Taduma.

Fahri menjelaskan terkait maksud dan tujuan dari tema kegiatan yang diangkat tidak lain adalah untuk mengangkat dan melestarikan nilai-nilai adat dan budaya Gamlamo. Menurutnya Gamlamo merupakan salah satu kampung (desa) yang tertua di kota Ternate, olehnya itu pihaknya ingin memperkenalkan adat dan budaya Gamlamo kepada publik kota Ternate bahkan di provinsi Maluku Utara.

“Penjelasan dari tema itu adalah, suatu upaya kami dalam rangka untuk mengangkat nilai-nilai adat dan budaya Gamlamo, jadi Gamlamo itu merupakan desa atau kampung tertua dan pertama di Ternate,

Bahkan Fahri mengungkapkan sejumlah kelurahan di kecamatan Ternate Pulau tengah berupaya untuk mengusung ke Pemerintah Kota agar dapat merubah nomenklatur kecamatan dari Ternate Pulau menjadi Kecamatan Gamlamo Kota Ternate.

“Kami akan berupaya untuk mengsung perubahan nomenklatur dari kecamatan Ternate Pulau menjadi Kecamatan Gamlamo,”pungkas Fahri.(red)

Pos terkait