Dua Nelayan Asal Halsel Akhirnya Kembali Dengan Selamat

TERNATE – Dua orang nelayan asal Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) yakni Syaiful dan Agus akhirnya kembali dengan selamat ditempat asalnya. Dua nelayan ini diinformasikan ditemui di perairan Pulau Siko, Halsel pada koordinat 46.3 NM Arah Selatan dari Last Know Position (LKP) pada Senin (27/12/2021) sekitar pukul 06:00 WIT.

Informasi yang dihimpun malutmimes.com melalui Team Rescue Basarnas Ternate menyebutkan, dalam proses pencarian pada hari kelima, pihaknya mendapat laporan bahwa dua nelayan tersebut ditemukan dalam keadaan selamat oleh para nelayan lainnya. Saat ini kedua nelayan itu telah dipulangkan ke Halsel.

Bacaan Lainnya

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kota Ternate, Muhamad Arafah saat dikonfirmasi mengatakan, saat mendapatka informasi tersebut dirinya memerintahkan Pos Unit Siaga SAR Bacan untuk memastikan kebenarannya dikediaman para nelayan tersebut.

“Jadi saat dapat informasi itu saya perintahkan Pos Unit Siaga SAR di Bacan untuk memastikan dan ternyata dari hasil pengecekan memang benar kedua nelayan itu telah ditemukan dan sekarang sudah berada di kediaman keluarganya dalam keadaan selamat,” ujar Arafah.

Arafah mengatakan, dengan ditemukannya kedua nelayan tersebut, dirinya memerintahkan Operasi SAR ditutup dan semua unsur yang terlibat dalam proses pencarian itu dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

Sekedar untuk diketahui, berdasarkan informasi yang dihimpun kedua nelayan tersebut pergi melaut pada Kamis (23/12/2021), namun hingga esok harinya tepatnya pada Jumat, (24/12/2021) kedua nelayan itu belum juga kembali sehingga pihak keluarga melaporkan ke Basarnas untuk meminta bantuan SAR.(red)

Pos terkait