Rakerja Teknis dan Seminar Nasional Perikanan Budidaya Malut Resmi Dihelat

JAILOLO – Rapat Kerja Teknis dan Seminar Nasional Perikanan Budidaya Maluku Utara (Malut) yang diselenggarakan di Kabupaten Halmahera Barat resmi di buka.

Pembukaan Kegiatan Rakerja itu dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Maluku Utara di aula bidadari kantor Bupati Halbar Rabu (24/11/2021) yang dihadiri oleh seluruh Kepala Daerah Se-Provinis Malut.

Bacaan Lainnya

“Perikanan budidaya di maluku utara memiliki beberapa komoditi unggulan yang saat ini masih terus kita kembangkan karena selain mampu menggerakkan sektor ekonomi, sektor ini juga dapat memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan ekonomi daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,”beber Wagub Malut M. Ali Yasil Ali saat memberikan sambutan.

Wagub mengaku, saat ini, sektor perikanan budidaya maluku utara baru memberikan sumbangsi 40% bagi perekonomian nasional, hal ini berdampak pada prospeknya potensial di masa depan, olehnya itu untuk terus mengembangkan perikanan budidaya, pemda harus menempuh pendekatan yang bersifat menyeluruh, terpadu dan konklusif.

“Pemda juga harus memberikan perhatian besar pada peningkatan kualitas sumber daya manusia manajemen dan penguasaan teknologi bagi para pelaku perikanan baik perikanan tangkap maupun perikanan budidaya,”ujar wagub.

Mantan Bupati Halmahera Tengah ini menambahkan, untuk mendukung program pemprov menjadikan daerah maluku utara menjadi lumbunh ikan nasional, pemerintah daerah perlu melukakan pengembangan kawasan strategis di seluruh kabupaten kota untuk menjadikan sebagi kawasan sentral produksi perikanan tangkap dan perikanan budidaya.

“Dalam rapat kerja terbatas ini mewakil Pemprov Malut, saya berharap seluruh Pemda kabupaten se-malut mampu mencurahkan program-program konstruktif yang sesuai dengan arah dan kebijakan pembangunan perikanan budidaya Maluku Utara ke depan,”tandasnya.(red)

Pos terkait