Tim Investigasi Terbentuk, Siap Sisir Seluruh Desa di Kepsul

Kabag Pemerintahan Kepsul Suwandi. H. Dani
Kabag Pemerintahan Kepsul, Suwandi. H. Dani
Kabag Pemerintahan Kepsul Suwandi. H. Dani
Kabag Pemerintahan Kepsul, Suwandi. H. Dani

SANANA – Tim investigasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kepulauan Sula (Kepsul) telah telah terbentuk dan siap melakukan penyisiran di 78 desa di Kepsul.

Kabag Pemerintahan Kepsul Suwandi. H. Dani kepada wartawan, Senin (23/8/2021) mengatakan, tim investigasi ini akan melaksanakan tugasnya pada 1 September 2021.

Bacaan Lainnya

“Olehnya Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) memandang perlu untuk di laksanakannya investigasi guna menjawab setiap persoalan Pilkades serentak di Kepsul yang terjadi di Masyarakat,” katanya.

Suwandi bilang, panitia investigasi Pilkades ini terdiri dari Asisten I sebagai Ketua Tim dan Kabag Bidang Pemerintahan dan Otda Sebagai Sekritaris Tim serta anggotanya yakni dari Bagian Hukum Pemkab Kepsul, Inspektorat , BPMD, dan Kesbangpol.

“Masing-masing bidang bekerja sesuai tupoksinya. Bidang Pemerintahan bekerja terkait dengan pengangkatan Perangkat desa, tahapan Pilkades, dan pengangkatan BPD sedangkan Inspektorat akan bekerja terkait SPJ, BPMD terkait dengan fungsi Penyerapan Anggaran DD per tri wulan, dan Bidang Hukum terkait SK pengangkatan Perangkat desa dan SK pengangkatan BPD sedangkan Kesbangpol akan melihat tahapan sosial, ekonomi dan politik di setiap desa,” jelasnya.

Lanjut Suwandi, pembentukan tim investigasi itu untuk mengevaluasi terkait Pilkades yang digelar di 78 desa oleh pemerintahan yang lalu. Karena rata-rata tahapan Pilkades kemarin tidak sesuai dengan tahapan yang diatur dalam regulasi, seperti Desa Wainib dan beberapa desa yang belum melaksanakan Pilkades.

“Untuk tiga desa yang belum melaksanakan Pilkades akan segera kami laksanakan di bulan Oktober, dan bulan depan kami suda akan melaksanakan sosialisasi Pilkades. Untuk desa-desa yang melaksanakan Pilkades berpotensi tidak hanya tiga desa saja tergantung dari hasil investigasi nanti sedangkan anggarannya suda kami siapkan dan sudah disetujui oleh Komisi I DPRD sehingga kita akan fokus menyelesaikan setiap persoalan Pilkades di tahun ini dan tahun depan kita fokus pada pelayanan publik,” tukasnya.(tem)

Pos terkait