Ratusan Hewan Kurban Maluku Utara Dikirim ke Luar Daerah

 

TERNATE – Ratusan hewan kurban dari Maluku Utara dikirim ke luar daerah jelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah/2021 Masehi.

Hewan kurban sapi, kambing hingga kerbau ini sebagian besar dibawa ke wilayah Sulawesi.

Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate mencatat frekuensi pengiriman hewan kurban dari Maluku Utara meningkat 100 persen.

“Permintaan hewan kurban menyebabkan lalu lintas keluarnya meningkat. Pada bulan Juni sampai pertengahan Juli ini, lalu lintas sapi, kambing dan kerbau meningkat 100 persen dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Sebagian besar dikeluarkan melalui Pelabuhan Laut Bastiong dan Sanana,” ungkap Yusup Patiroy, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate, dikutip dari kieraha.com, Senin (19/07/2021).

Ia menyatakan, Maluku Utara merupakan salah satu sentra peternakan sapi yang cukup besar. Setiap tahun memasok kebutuhan hewan kurban ke daerah di sekitarnya.

Menurut data Balai Karantina Pertanian, pada Juni 2021 tercatat 394 ekor sapi, 65 ekor kambing dan 19 ekor kerbau yang dilalulintaskan keluar. Sementara, pada pertengahan Juli 2021, sebanyak 167 ekor sapi, 15 ekor kambing dan 14 ekor kerbau yang keluar.

Untuk sapi dan kambing, kata Yusup,  tujuan utamanya yakni Makassar, Gorontalo, Bone, dan Luwuk. Sementara permintaan kerbau selama ini banyak dari Toraja.

Sebelum dilalulintaskan, lanjut Yusup, petugas Karantina Pertanian Ternate mengambil sampel darah hewan kurban untuk diuji screening brucellosis menggunakan Rose Bengal TestBrucellosis merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri brucella abortus. Penyakit ini menyebabkan gangguan reproduksi pada hewan ternak, seperti sapi, kambing dan kerbau.

“Tugas kami memastikan hewan-hewan kurban dari Maluku Utara sehat, agar masyarakat dapat menjalankan ibadah kurban dengan tenang,” pungkasnya.(red)

 

Artikel ini telah diterbitkan oleh kieraha.com dengan judul; Permintaan Sapi dan Kambing dari Maluku Utara ke Sulawesi Meningkat

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Data Kepatuhan Prokes di Indonesia, Maluku Utara Terendah

Sen Jul 19 , 2021
JAKARTA – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Indonesia merilis data hasil monitoring kepatuhan protokol kesehatan (Prokes) 34 provinsi di Indonesia. Data ini didapatkan dengan cara memonitor kepatuhan individu di masyarakat, yang terdiri dari kepatuhan memakai masker serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Dilansir dari Kompas.com, data tersebut diperoleh berdasarkan laporan real-time […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!