Pemda Halbar Siapkan 1 Miliar Untuk Pilkades Serentak

 

Wakil Bupati Halbar Djufri Muhamad saat Memberikan Sambutan Pada Acara Sosialisasi Pelaksanaan Pilkades Serentak

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menyiapkan anggaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak sebanyak Rp. 1 Miliar lebih. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Halbar Djufri Muhamad pada Kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMP) di Kantor Camat Jailolo, Kamis (15/07/2021).

“Pilkades Serentak kali ini disiapkan anggaran melalui APBD Halbar senilai Rp. 1 Miliar lebih, jadi saya harap Panitia jangan coba-coba main mata dengan para kandidat,”cetusnya

Djufri juga mengatakan, untuk Calon Kepala Desa diwajibkan melakukan Vaksinasi sebagai syarat tambahan dalam Pilkades serentak yang di laksanakan pada bulan Oktober 2021 nanti, hal ini disampaikan karena menyesuaikan kondisi negara yang sedang dilanda bencana non alam yang mengguncang Indonesia.

“Ingat, para calon Kades selain dari berkas umum yang dimasukkan ke panitia, harus disertai dengan keterangan Vaksinasi Covid-19, jika tidak harus ada keterangan dokter terkait penyakit bawahan,”ujarnya

Orang nomor dua dilingkup pemkab Halbar ini juga mengingatkan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) agar merekrut Panitia yang berkualitas dan tidak mementingkan kepentingan BPD, dirinya bakal melakukan peninjauan langsung ke lapangan untuk mengontrol jalannya pemilihan.

“Diharapkan kepada BPD agar membentuk panitia yang berkualitas, jangan hanya karena kepentingan BPD lalu menunjukkan panitia sesuai keinginan BPD, saya akan turun di Desa-desa yang melaksanakan Pilkades untuk memastikan hal ini,”ungkapnya

Sementara itu, Kepala DPMPD Halbar Asnath Sowo dalam penyampaiannya mengatakan, Pilkades serentak yang bakal digelar nanti sebanyak 23 Desa yang tersebar di enam kecamatan yang berada di Kabupaten Halmahera Barat.

“Pilkades Serentak ini nanti dilaksanakan di dua puluh tiga Desa pada bulan Oktober 2021, ada enam kecamatan yang melaksanakan Pilkades serentak diantaranya  Kecamatan Jailolo, Ibu Selatan, Sahu Timur, Ibu, Tabaru dan Kecamatan Loteng,”terang Asnath.

Menurut Asnath, Dua Puluh Tiga Desa yang melaksanakan Pilkades Serentak di masing-masing Kecamatan itu diantaranya, Kecamatan Ibu Selatan, Desa Gamkonora, Desa Talaga, Desa Adu, Desa Baru, Desa Ngawet, Desa Bataka, Desa Tobelos dan Desa Tabaol sementara di Kecamatan Jailolo, Desa Gamtala, Desa Hoku-hoku kie, Desa Gamlamo dan Saria, Kecamatan Sahu Timur Desa Awer dan Desa Akelamo, Kecamatan Loloda, Desa Soasio dan Desa Buo, Kecamatan Loteng Desa Barataku, Kecamatan Ibu, Desa Tongute Ternate, Desa Kie Ici, Desa Tongute Sungi, Desa Gamlamo, dan Kecamatan Tabaru, Desa Tongowango dan Desa Sangaji Nyeku.

“Saat ini tahapan sudah mulai jalan, sebab 3 bulan lagi Pilkades serentak akan digelar, tahapan awal yang kami lakukan ini adalah Sosialisasi yang kami pusatkan pada dua Zona, Zona I bertempat di kantor camat Jailolo, dan Zona II akan dilanjutkan kedepan dan berlokasi langsung di kecamatan Ibu,” ungkapnya.(red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pembangunan Kelanjutan Gedung Area Produksi Sentra Home Industri Mangkrak

Kam Jul 15 , 2021
JAILOLO – Pembangunan kelanjutan Gedung Area Produksi Sentra Home Industri di Desa Acango Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) nampak tak jalan lagi, Proyek dengan nilai kontrak Rp.2.976.553.000.00 yang dikerjakan PT. Sinar Standy Pratama itu hingga kini tidak ada progres Pekerjaan. Kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP) Halbar M. Jain Kadir […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!