Gelar Pelatihan Manajemen Budidaya Udang Vaname, Begini Harapan Bupati Halbar

Sambutan Bupati Halbar. James Uang pada acara Pembukaan Pelatihan Manajemen Budidaya Udang Vaname Kabupaten Halmahera Barat

JAILOLO – Pusat Kajian Akuakultur Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Khairun (Unkhair) Ternate bersama Forum Desa (Fordes) Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar Pelatihan Manajemen Budidaya Udang Vaname Kabupaten Halmahera Barat dan pencanangan program bina Desa di Desa Tuada Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat, Sabtu (10/07/2021).

Bupati Halmahera Barat James Uang dalam sambutannya mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Unkhair Ternate bersama Fordes Malut, menurutnya spot yang di pilih sangat tepat dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat tentang budidaya udang Vaname di Halmahera Barat.

“Harapan saya agar kita tetap berkomitmen sehingga kedepan Halbar menjadi salah satu daerah penghasilan udang Vaname terbesar di provinsi Maluku Utara,”pintahnya.

James berharap para peserta yang telah mengikuti Pelatihan agar bisa serius dan bisa memahami materi yang diberikan untuk dapat mengaplikasikan ilmunya untuk mengelola hasil di lapangan nanti.

“Saya berharap kepada peserta agar dapat mengikuti apa yang disampaikan oleh pemateri sehingga dapat mengaplikasikan dilapangan dengan baik karna hal-hal seperti ini harus di manfaatkan sebaik mungkin karna kesempatan tidak akan datang yang ke dua kalianya,”cetusnya.

Usai memberikan sambutan dan membuka kegiatan tersebut, orang nomor satu dilingkup Pemkab Halbar itu memberikan bantuan berupa Uang tunai sebesar Rp.5.000.000.00, kepada mahasiswa sebagai ucapan rasa terima kasih dirinya selaku kepala Daerah kepada Mahasiswa Perikanan dan Ilmu Kelautan Unkhair Ternate yang telah menuangkan gagasan kritisnya sehingga memilih Desa Tuada sebagai tempat untuk dilaksanakannya Kegiatan Pelatihan tersebut.

Sementara Wakil rektor III Unkhair Ternate Syawal Abdul Ajid dalam sambutannya mengatakan, pertemuan tersebut melibatakan berbagai sektor untuk  memajukan Program Pemerintah melalui Dinas Kelautan Dan Perikanan sehingga Perguruan tinggipun lagsung eksen di lapangan untuk dapat membantu membangun Desa, pasalnya Desa sebagai kekuatan dalam mengembang perekonomian sesuai dengan program pemerintah.

“Tujuan kami adalah meningkatkan Pengetahuan dari tingkat bawa dalam segi budidaya, sehingga masyarakat dapat menjadikan salah satu Mata pencahrian yang dapat mengembangkan perekonomian dari segi perikanan dan kelautan,”pungkasnya.

Syawal mengajak seluruh komponen masyarakat untuk memanfaatkan program tersebut sebagai upaya untuk mengembangkan ekonomi masyarakat dan juga sumber daya yang ada, sehingga masyarakat tidak selalu bergantung pada aspek ekonomi.

“Mari kita manfaatkan lahan yang ada sehingga dapat mengembangkan sumber daya kita sehingga kita tidak lagi bergantungan pada orang lain,”imbuhnya.

Senada di sampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Utara (Malut) Abdullah Assagaf, menurutnya Kegiatan budidaya udang Vaname merupakan salah satu program prioritas  Dinas perikanan dan kelautan Provinsi Maluku Utara, dirinya mengungapkan ada tiga program Budidaya yang dicanangkan Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Malut.

“Perlu saya sampaikan bahwa Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Utara membuat 3 program penting dalam bidang budidaya diantaranya, budidaya tongkol atau cakalang, Budidaya rumput laut dan budidaya udang vaname, jadi Kami selaku pemerintah hanya menyiapkan anggaran yang mengembangkan itu masyarakat, kami tetap berkomitmen untuk Kabupaten Halmahera barat bakal menjadi sektor sumber budidaya terbesar khususnya budidaya kelautan,”pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Ucapan terimah kasih disampaikan oleh Kepala Desa (Kades) Tuada Sanif Husen, mewakili masyarakat, dirinya mengungapkan rasa terima kasih karena Tuada menjadi Desa yang di pilih untuk melaksanakan agenda yang sangat bermanfaat bagi warga Desa Tuada.

selaku pemerintah Desa saya ucapkan terima kasih, sebab dari sekian banyak Desa di Halbar, Tuada yang terpilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini, kami sadar dan bersukur bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini dapat meningkatkan pemahaman, wawasan serta meningkatkan perekomian masyarakat Desa Tuada kedepan nanti,”katanya.

Kades berharap, kegiatan tersebut tidak hanya sebuah kegiatan seremonial, akan tetapi perlu adanya  keseriusan sehingga dapat meningkatkan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat.

“Kegiatan seperti ini bisa terciptanya lapangan kerja bagi Masyarakat, Kami Pemerintah Desa Tuada saat ini sudah menyediakan lahan sebesar 5 hektar, olehnya itu kami berharap agar hal ini bisa di manfaatkan dengan baik dan dapat mengembangkan ekonomi masyarakat khususnya di Desa Tuada,”ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Halmahera Barat, James Uang, Kadis Kelautan dan Perikanan Malut Abdullah Assagaf, Wakil Rektor III Unkhair Ternate Dr.Syawal Abdul Ajid, Wakil Ketua II DPRD Halbar Riswan Hi Kadam, Kalapas Jailolo Hariono, Kadis Perikanan dan Kelautan Halbar Agus Maholle, Ketua Forum Desa Malut Tamrin Ali Ibrahim, Kepala Desa Tuada Sanif Husen beserta tamu undangan dan juga 40 orang peserta pelatihan budidaya udang Vaname.(red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tambak Percontohan Udang Vaname Di Tuada Diresmikan

Sab Jul 10 , 2021
Pemotongan Pita Peresmian Tambak Percontohan Udang Vaname Oleh Bupati Halbar James Uang JAILOLO – Tambak Percontohan Udang Vaname yang terletak di Desa Tuada Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Diresmikan oleh Bupati Halbar James Uang, Sabtu (10/07/2021). Bupati James Uang kepada wartawan usai peresmian memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pihak […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!