Pencarian Korban Terbawa Banjir di Sungai Togola Sanger Resmi Ditutup

Proses Pencarian Korban Terbawa Banjir Di Sungai Togola Sanger Oleh Basarnas

Proses Pencarian Korban Terbawa Banjir Di Sungai Togola Sanger Oleh Basarnas

Bacaan Lainnya

JAILOLO – Kantor Pencarian Dan Pertolongan Basarnas Ternate resmi menutup operasi pencarian terhadap korban atas nama Alkonis Adrian (48) warga Desa Togola Sanger yang hanyut terbawa banjir di sungai Desa Togola Sanger, Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Senin (21/06/2021).

Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah kepada wartawan mengatakan, Pencarian telah dilakukan pada titik awal jatuhnya korban di sungai Desa Togola Sanger hingga ke perairan Kecamatan Ibu maupun pesisir pantai Desa setempat dan Desa Tahafo, namun korban tidak ditemukan.

“Operasi pencarian telah dilakukan sesuai SOP Basarnas. Namun hingga hari terakhir belum ditemukan tanda-tanda keberadaan korban. sehingga operasi Sar pun ditutup dengan kesimpulan korban dinyatakan hilang,”kata Muhammad Arafah

Arafah menambahkan, walaupun operasi telah ditutup namun Basarnas Ternate tetap melakukan pemantauan. Karena informasi telah di sampaikan kepada para nelayan maupun kapal yang melintas di perairan Kecamatan Ibu.

“Kami juga memberikan informasi kepada para nelayan apabila melihat maupun menemukan tanda-tanda keberadaan korban segera melapor ke pihak basarnas,”cetusnya

Menurut Arafah, Tim Rescue Basarnas Ternate telah melaksanakan evaluasi dengan tim SAR Gabungan dari BPBD Halbar, Babinkamtibmas Togola sanger, Babinsa Togola sanger, Masyarakat Desa Togola dan Keluarga koban, dengan hasil dikarenakan waktu kejadian sudah dari Hari Senin tgl 14 Juni 2021 dan sampai hari ke delapan tidak ada tanda-tanda korban maka keluarga korban juga mengikhlaskan dan mengucapkan terimakasih kepada tim SAR gabungan.

“Dengan telah ditutupnya pencarian, Maka Operasi SAR dinyatakan selesai dan seluruh unsur yang terlibat dikembalikan kesatuannya masing-masing,”tandasnya.(red)

Pos terkait