Soal Jalan Lintas Kawata-Waisakai, Inspektorat Menunggu Laporan Pansus DPRD

SANANA – Inspektorat Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) menunggu hasil investigasi Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terkait permasalahan jalan lintas Kawata-Waisakai Kecamatan Mangoli Utara Timur

Bacaan Lainnya

Hal ini disamy Plt. Kepala Inspektorat Kepulauan Sula Kamarudin Mahdi kepada wartawan di Istana Daerah Kepsul, Selasa (15/06/2021).

Meskipun begitu, Kamarudin saat disentil terkait temuan BPK atas pekerjaan jalan tersebut oleh PT. Pelangi Persada mengaku belum mengetahui, dirinya bahkan tidak mengetahui terkait adanya pengembalian pihak perusahaan atas kerugian negara sebesar 15 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2020.

“Nanti saya periksa dulu dokumennya, Karena belum ada laporan resmi dari Pansus,”pungkasnya.

Kamarudin berjanji pihaknya akan bergerak untuk menyelidiki dugaan kasus tersebut jika hasil pengkajian Pansus sudah disampaikan ke Inspektorat.

“Kalau sudah ada hasil dari Pansus baru kita bisa bergerak, sementara Pansus lagi turun mengecek ke lapangan, biarkan dulu mereka bekerja, nanti kita lihat hasilnya seperti apa,”ujarnya

Sementara itu Ketua Pansus DPRD Kepsul, Lasidi saat dimintai keterangan mengaku, jalan lintas tersebut tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB), hal ini menurut Lasidi hasil pekerjaan secara kualitas tidak sesuai, karena jalan tersebut diketahui jenis hotmix, namun fakta lapangan menunjukkan, hasil pekerjaan jalan itu tampak seperti jalan jenis lapen.

“Jenis jalan itu Hotmix tapi seperti jalan jenis lapen, jadi menurut kami (Pansus) jalan itu tidak memenuhi syarat karena jalan sepanjang kurang lebih enam kilo meter itu sudah mulai retak,”pungkasnya.(tem)

Pos terkait