Wow, Ternyata FTJ Masuk Kharisma Event Nusantara

 

JAILOLO – Agenda tahunan Pemerintah Daerah Halmahera Barat (Halbar). Festival Teluk Jailolo (FTJ) ternyata masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2021 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

“FTJ masuk dalam Kharisma Event Nusantara dengan Kategori 10 Event Terbaik berbasis Adaptasi dan Inovasi,” kata Feny Kiat, Kadis Pariwisata Halbar kepada wartawan, Jumat (04/06/2021).

Feny mengungkapkan, ada sepuluh kabupaten/kota di Provinsi Maluku Utara yang masuk dalam penilaian Kemenparekraf RI, namun yang berhasil hanya tiga diantaranya Halbar, Tidore dan Kepulauan Sula.

“Jadi, Halbar, Sula dan Tidore masuk dalam Kharisma Event Nusantara, Halbar dengan FTJ, Tidore dengan Festival Tidore, Sula dengan Event Tanjung Waka,” pungkasnya.

Feny mengatakan, FTJ yang bakal digelar pada tanggal 9 Juni 2021 mendatang, akan dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Pariwisata Joshua Simanjuntak beserta rombongan Kementerian Pariwisata dalam proses pembukaan perdana dengan konsep Hybrid Event.

“Nanti Staf Ahli Menteri Pariwisata Joshua Simanjuntak yang akan hadir untuk menyaksikan secara langsung pembukaan perdana Event Festival dengan konsep Hybrid Event, karena untuk Festival yang diarahkan dengan konsep Hybrid Event ini ada 83 Kabupaten di Indonesia, tapi Halbar yang perdana melaksanakannya, “ujarnya.

Feny menambahkan, untuk rangkaian kegiatan dalam pembukaan FTJ nanti, bakal menampilkan tarian tradisional masyarakat halbar, sementara untuk rangkaian kegiatan lainnya seperti perlombaan telah dihilangkan.

“Hanya tarian tradisional yang meriahkan pembukaan, kalau untuk lomba-lomba tidak ada, karena ini penerapan Protokol covid-19, ada kegiatan lainnya tapi dengan spot yang berbeda, ada kuliner khas tujuh suku, ini nanti ditampilkan di spot yang berbeda,”katanya.

Untuk diketahui suatu Event masuk dalam Kharisma Event Nusantara harus memiliki aspek yang telah ditentukan oleh Kemenparekraf RI, aspek-aspek tersebut diantaranya, aspek kreativitas berbasis teknologi digital dan inovasi, aspek kolaborasi berbasis potensi lokal dan pemberdayaan masyarakat, serta aspek adaptasi berbasis protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability).

Berdasarkan aspek penilaian tersebut, telah terpilih 83 event yang masuk Kharisma Event Nusantara 2021 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI yang diluncurkan oleh Presiden RI termasuk Festival Teluk Jailolo.(red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Resmi dilantik Sebagai Bupati Kepsul, Begini Pesan Fifian

Jum Jun 4 , 2021
  SANANA – Gubernur Provinsi Maluku Utara (Malut) KH. Abdul Gani Kasuba, resmi melantik Fifian Adeningsi Mus dan M. Saleh Marasabesi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul). Pelantikan berlangsung di Aula Kantor Gubernur Maluku Utara di Sofifi, Jumat (4/6/2021). Pelantikan dilaksanakan berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor: […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!