Wabup Halbar Pimpin Pagelaran Budaya Ela Ela

JAILOLO – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Djufri Muhamad memimpin pagelaran budaya Ela-Ela yang digelar Pemuda Desa Jalan Baru Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat yang tergabung dalam Wadah Organisasi Ikatan Pemuda Jalan Baru (IPJ), Minggu (09/05/2021).

Pagelaran Tradisi Ela-ela yang digelar IPJ itu dengan cara mengitari Desa yang disebut Kololi Gam yang dipusatkan di lokasi Festival teluk Jailolo ( FTJ) dan di Kedaton kesultanan Jailolo.

Turut hadiri dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Halbar Djufri Muhammad, ketua PKK Halbar Meri polala, perangkat  kesultanan Jailolo, jajaran pemerintah Desa Jalan Baru, dan seluruh rombongan pawai obor.

Wabup Halbar dalam sambutannya mengatakan, sangat menghargai ide pemuda Desa Jalan Baru yang punya memiliki ide untuk memperingati sebuah momentum keagaaam yaitu Lailatul Qadar yang lama telah tidak dilaksanakan.

“Momen ini sangat tepat, mungkin saja sudah dilakukan di jaman dulu kurang lebih 500 tahun oleh sultan dan orang tua kita dahulu kala, membakar obor dalam rangka menyambut laitul qadar, dan kali ini pemuda jalan baru mengambalikan serta menghidupkan kembali tradisi ini, malam ini menjadi momentum bersejarah,” ucap Wabup.

Djufri mengatakan momen terindah itu bakal dianugerahkan untuk menjadi momentum disetiap malam Lailatul Qadar kedepan oleh Pemerintah Daerah, dirinya bakal memasukan dalam agenda setiap tahun pada malam Lailatul Qadar nanti.

“Saya dan pak James uang kedepan jikalau covid 19 ini sudah berakhir tahun depan kita buat yang lebih meriah lagi, kedepan bukan hanya pemuda desa jalan baru tapi seluruh pemuda halbar dan termasuk pemuda dari agama Nasrani,” paparnya.

Menurut Djufri menggelar ela-ela adalah memperingati turunnya kitab suci Al Qur’an yang bertepatan dengan 27 ramadhan tahun awal hijriah,oleh karena itu sampai kapanpun hajatan tersebut tetap dilakukan.

“Pemda Halbar kedepan bakal menggelar momen ini semeriah mungkin Bersama seluruh pemuda Halbar,” janji Djufri.

Sementara itu ketua PKK Halbar Meri Polala dalam penyampaian singkatnya mengaku bangga terhadap pemuda Desa Jalan Baru, Meri berharap semnagat dalam menyambut hal baik dapat menjadi contoh dan suri tauladan untuk generasi muda Halbar.

Untuk diketahui acara tersebut dimulai dengan doa, pembakaran Ela Ela  di pimpin oleh Wakil Bupati Djufri Muhammad, di dampingi oleh Kapita Lau Kesultanan Jailolo Hi. Imrat Idrus, Jogugu Kesultanan Jailolo Khairudin Saifuddin.

Usai pembakaran obor rombongan acara Kololi Gam itu di pimpin oleh Ketua PKK Halbar Meri popala dari Kadaton Kesultanan Jailolo dan berakhir di depan Sigi lamo.(red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Warga disarankan Takbiran di Masjid Saja

Sen Mei 10 , 2021
TERNATE – Pemerintah Kota Ternate melalui Satgas Covid-19 menyarankan warga kota untuk membatasi pelaksanaan pawai takbiran saat malam lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah. Warga pun diimbau agar sebaiknya melaksanakan takbiran di masjid-masjid sebagai upaya antisipasi penularan Covid-19. “Karena kita masih daerah terdampak, jadi kita mengantisipasi tingkat penularan covid-19,” kata Arif […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!