Pilkades Wainib Diwarnai Protes, ini Masalahnya

Suasana Pilkades Wainib

SANANA – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Wainib Kecamatan Sulabesi Selatan, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) diwarnai protes terhadap panitia pelaksana yang dinilai tidak tegas.

Amatan maluttimes.com, aksi protes itu datang dari saksi kandidat Cakades nomor urut 3 karena terdapat empat pemilih yang E-KTP dan Kartu Keluarga tercatat di desa lain tetapi diijinkan untuk memberikan hak suara di Desa Wainib.

Saat itu, Pj. Kades Wainib, Ilminia Umakaapa bersikeras untuk mengikutsertakan keempat orang tersebut.

“Pilih dulu, setelah itu nanti baru saya buat surat domisili, kalau terjadi apa-apa saya yang bertanggungjawab,” kata Ilminia Umakaapa saat saksi Cakades nomor urut 3 mengajukan keberatan, Kamis (28/4/2020).

Padahal berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup) tentang pelaksanaan pemilihan kepala desa itu tidak bisa memilih apabila Kartu Keluarga (KK) dan E-KTP bukan warga setempat.

Dimana dalam pasal 17 telah dijelaskan, jika pemili yang E-KTP dan  KK bukan penduduk setempat tidak dapat memberikan hak suara, terkecuali membuat surat keterangan domisili.

Tetapi Pj Kepala Desa Wainib Ilminia Umakaapa bersikeras agar empat orang yang KK dan E-KTP di Desa lain diijinkan memberikan hak suara di desa Wainib.

Parahnya, dari empat orang itu ada seorang warga inisial SU yang belum sempat mengambil domisili untuk memberikan hak suara di desa Wainib.

Sementara Ketua Panitia pelaksanaan kepala desa Wainib Sukri Upara mengaku sikap yang diambil Pj Kepala Desa tersebut itu menyalahi aturan.

“Tetapi karena Pj Kades bersikeras makanya beta (saya) mengijinkan,” ungkapnya.(tem)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sekwan: Kalau Hujan, Ada Air Terjun di Ruang Paripurna

Sen Mei 3 , 2021
TERNATE – Ruang Paripurna DPRD Kota Ternate kondisinya kini sangat memprihatinkan. Tempat yang sering dipakai para wakil rakyat Kota Ternate dalam berbagai agenda rapat paripurna itu belum bisa difungsikan karena rusak berat. Sekretaris Dewan (Sekwan) Kota Ternate, Safia M. Nur menuturkan, demi kelancaran tugas-tugas wakil rakyat, maka seluruh aktivitas rapat […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!