BI Malut Siapkan Uang Kartal Rp 517 Miliar untuk Ramadan dan Idul Fitri

Ilustrasi

TERNATE – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Maluku Utara (Malut) telah menyiapkan uang kartal layak edar sebesar Rp 517,9 miliar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Idul Fitri Tahun 2021.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan 14 persen jika dibandingkan dengan kesiapan uang kartal 2020 yang diproyeksi oleh BI Perwakilan Malut yakni Rp 452,5 miliar.

Dari total Rp 517,9 miliar tersebut terdiri dari uang pecahan besar Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu sebanyak Rp 484 miliar serta uang pecahan kecil Rp 20 ribu sebesar Rp 33,8 miliar.

BI Perwakilan Malut pun melaksanakan layanan penukaran uang kepada masyarakat melalui 64 jaringan kantor bank umum yang tersebar di seluruh kabupaten kota di Provinsi Malut.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, karena BI Malut telah menyiapkan jumlah dan nominal yang cukup untuk memenuhi kebutuhan uang pada ramadan dan lebaran 1442 Hijriah,” Jeffri D. Putra, KPW BI Malut, Senin (12/04/2021).

Meski layanan penukaran uang tetap dilaksanakan, Jeffri berharap agar masyarakat masih tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 dengan tentunya menjaga jarak, selalu mengenakan masker maupun menghindari kerumunan.

“Sementara untuk setiap instansi yang membutuhkan layanan penukaran uang untuk melakukan penukaran secara kolektif. Ini bertujuan selain untuk mengurangi antrian pada layanan masyarakat umum, juga untuk menjaga keamanan serta mengurangi potensi kriminalitas,” imbaunya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam bertransaksi dengan menggunakan uang, selalu cermat dan teliti terhadap ciri keaslian uang rupiah dengan mengingat metode 3D yakni dilihat, diraba, diterawang.

“Masyarakat diharapkan lebih berhati-hati dalam melakukan penukaran supaya terhindar bahaya kriminalitas. Jika melakukan penukaran dalam jumlah yang cukup besar dapat menghubungi petugas kepolisian untuk meminta pengawalan,” pintanya.(ard)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Rumah Kumuh Menjamur di Areal Pasar Gamalama

Sab Apr 17 , 2021
TERNATE – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Maluku Utara (Malut) telah menyiapkan uang kartal layak edar sebesar Rp 517,9 miliar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Idul Fitri Tahun 2021. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 14 persen jika dibandingkan dengan kesiapan uang kartal 2020 yang diproyeksi oleh BI Perwakilan Malut […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!