PILKADES Sebagai Suplemen Pembangunan Ekonomi Masyarkat Desa

Oleh: Salasah Leib Karyasiswa

Afirmasi BAPPENAS MAP, Universitas Sriwijaya

Pada awal tahun 2021 ini, datangnya Klaster baru pada sebuah pesta demokrasi dengan merebutkan kekuasaan di tangan rakyat pada kesempatan Pemilihan Kepala  Desa guna menentukan pemimpin di tingkat kontitusi pemerintahan desa.

Undang undang nomor 6 tahun 2014, tentang Desa telah menjadikan desa sebagai suatu lembaga otonom dimana kedudukan desa adalah sebagai suatu wilayah yang di tempati oleh sekelompok manusia dengan interaksi, relasi secara spritual dan konstektual dalam membangun hubungan sosial masyarakat yang bertujuan untuk mengatur kehidupan masyarakat dengan tradisi dan adat istiadat.

“Lahirnya Undang undang tersebut tentunya menjadi cikal bakal dalam proses demokrasi di tingkat desa dengan maksud mengelolah admistrasi dalam proses prumusan kebijakan pembangunan desa di tengah masyarakat.

Lembaga pemerintahan desa menjadi sebuah lembaga otonom yang di tunjang dengan penganggaran yang bersumber dari APBN dan APBD dengan nilai milyaran rupiah, besarnya anggaran dan kewenangan yang di miliki oleh pemerintah desa di harapkan mampu untuk menciptakan kesejateraan masyarakat melalui program pembangunan serta pemberdayaan Sumber Daya Manusia, agar terciptanya pemerataan baik tingkat pemerintah desa dan masyarakat itu sendiri.

Untuk mencapai pemerintahan yang transparan, adil serta memiliki integritas dan bertanggung jawab dalam mengkordinatori program pembangunan serta sumber  pemberdayaan masyarakat, maka lahirlah proses demokrasi yang sering kita kenal dengan sebutan PILKADES atau Pemilihan Kepala Desa. Pilkades di harapkan mampu melahirkan pemimpin desa yang menjadi obat penawar sekaligus patriotisme atas hak dan kewajiban masyarakat di desa atas finomena finomena kejahatan yang nantinya di hadapi oleh desa.

Melalui Visi dan Misi seorang kepala desa, menjadi torobosan dengan harapan terciptanya program kemajuan dan kesejahteraan di desa, selain itu, Pemberdayaan Ekonomi, Program Padat Karya Tunai, bahkan Bumdesa harus benar-benar bisa mendorong terciptanya kemandirian masyarakat kemudian pemerataan pembangunan melalui partisipasi masyarakat untuk membangun desa.

Sesaat lagi momentum pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Kepulauan Sula akan di laksanakan, proses Demokrasi rakyat di tingkat Desa dengan harapan mampu melahirkan pemimpin pemimpin yang Arif dan bijaksana, tentunya adalah yang bertanggung jawab kepada masyarkat. memiliki visi membangun Desa yang terarah serta penyusunan program pembangunan yang terstruktur dan Dinamis.

Kondisi Daerah Kabupaten Kepulauan Sula jauh tertinggal dari isue kemiskinan. bagi para calon kepala desa isue kemiskinan menjadi hal yang kontemporer begitu juga menjadi tantangan dalam perumusan kebijakan pembangunan desa, yang tentunya membutuhkan kemampuan analisis dari pemimpin itu sendiri, karena isue kemiskinan dan ketertinggalan itu berkaitan erat dengan desa dan masyarakat, faktor utama yang mempengaruhi kemiskinan tersebut yaitu kesehatan, pendidikan, pertumbuhan penduduk dan angka penganguran.

Harapan besar selaku pemerhati pemuda dan perempuan desa, semoga dalam proses demokrasi, pemilihan kepala desa berjalan dengan  jujur dan adil. dimana dalam visi dan misi serta arah program kerja para kandidat melibatkan partisipasi pemuda dan perempuan dalam pembangunan bidang ekonomi, khususnya ekonomi kreatif dan partisipasi selalu mengedepankan asas moralitas serta kearifan lokal dimana nilai semangat Basanohi, Pamanatol, Pamanawak dan Malomkub menjadi suatu landasan utama pembangunan  Desa di Kabupaten Kepulauan Sula.(*)

 

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Halbar James Uang Di Undang INews Tv Paparkan Program Kerja

Sen Mar 22 , 2021
Bupati Halmahera Barat James Uang JAILOLO-Bupati Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) James Uang di undang INews Tv dalam acara Media Visit dan Talk show Program Speak After Lunch yang akan dilaksanakan di INews Tower, MNC Center Complex, Jl Kebon Sirih no 17-19 Jakarta pada Rabu 24 Maret 2021 mendatang. James Uang […]

BERITA LAINNYA

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!