Diahi Kualitas Pendidikan, Pemkab Halbar Bakal Adopsi Strategi Pemkab Morotai

Bupati Halmahera Barat James Uang

JAILOLO-Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) memastikan bakal mengadopsi strategi Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai tentang sekolah unggulan.

hal ini disampaikan Bupati Halbar James Uang saat membuka Musrenbang di Kecamatan Tabaru, jumat (19/03/2021).

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Halbar,”ujar James

Menurut James, Sekolah yang berdekatan dengan jumlah siswa yang sedikit akan dimerger atau digabungkan menjadi satu sekolah untuk dijadikan sekolah unggulan.

“Ini untuk mempermudah management dan pengawasan, disamping itu juga untuk menghemat anggaran operasional sekolah,”katanya

Mantan anggota DPRD Halbar empat periode ini mengatakan, Sekolah SD dan SMP yang siswanya hanya 20 sampai 50 orang, harus di merger karena dinilai tidak efektif dan hanya bisa menghabiskan anggaran operasional

“Karena disitu juga melekat tunjangan-tunjangan kepala sekolah dan lain-lain, jadi ini ada plus minusnya ketika sekolah yang siswanya tidak banyak digabungkan,”ungkapnya

Politisi Partai Demokrat Halbar ini menjelaskan keuntungan yang dimaksimalkan dari kebijakan penggabungan sekolah yang siswanya sedikit itu adalah Biaya Operasional Sekolah (BOS) yang diterima sekolah akan lebih besar.

“Kalau itu yang dilakukan maka dengan sendirinya sarana dan prasarana penunjang peningkatan kualitas belajar mengajar di sekolah akan lebih baik,”

James mengaku prihatin dengan kualitas pendidikan di Halbar, oleh karena itu dirinya telah memerintahkan Dinas Pendidikan menyiapkan data untuk kebutuhan merger sekolah yang akan direncanakan pemerintah Daerah tersebut.

“Jadi praktik manipulatif jumlah siswa yang sengaja dilakukan pihak sekolah untuk meraip dana BOS itu perbuatan melawan hukum yang harus hentikan, hal seperti ini yang harus kita diahi (perbaiki),”tegas James.

Sementara tambah James Gedung Sekolah yang kosong akibat merger, akan dibijaki untuk dijadikan sebagai perkantoran pemerintah Desa setempat.

“Di Morotai Bupati Benny Laos memakai cara itu sehingga ada sekolah di Morotai  yang dana Bosnya bisa capai miliyaran,”ungkap James.

James menambahkan, apabila sudah ditetapkan sekolah unggulan oleh pemerintah Daerah, maka dengan sendirinya fasilitas dan kualitas tenaga pendidik juga akan diperbaiki dan lebih ditingkatkan lagi.(red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tim PON Malut Tampil Meyakinkan di Laga Pembuka Bupati Cup 2021 Halsel

Sab Mar 20 , 2021
Bupati Halmahera Barat James Uang JAILOLO-Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) memastikan bakal mengadopsi strategi Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai tentang sekolah unggulan. hal ini disampaikan Bupati Halbar James Uang saat membuka Musrenbang di Kecamatan Tabaru, jumat (19/03/2021). “Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Halbar,”ujar James Menurut James, Sekolah yang berdekatan […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!