Penguatan Aset Sejarah Halbar, Bupati James Silaturahmi Dengan Kepala BCB Malut

Pertemuan Bupati James Uang Bersama Kepala BCB Malut

JAILOLO – Dalam rangka penguatan aset bersejarah di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Bupati James Uang didampingi Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan pada Dinas Pendidikan Halbar menggelar pertemuan dengan Kepala Balai Cagar Budaya (BCB) Maluku-Maluku Utara (Malut), Papua dan Papua Barat Muhammad Husni Selasa, (16/3/2021).

Pertemuan yang berlangsung di Hotel Safirna Kota Ternate itu dihadiri KTU Balai Cagar Budaya Malut Rinawati Idrus beserta staf Balai Cagar Budaya Provinsi Maluku Utara.

Kepala Balai Cagar Budaya, Muhammad Husni dalam pertemuan itu menyampaikan, Halbar merupakan salah satu wilayah yang masuk katagori jaringan Kota Pusaka bersama Kota Ternate dan Tidore. Untuk itu diperlukan adanya perhatian serius Pemda dalam hal mendorong situs cagar budaya, dengan penyiapan dokumen-dokumen pendukung agar dapat teregistrasi secara nasional.

“prinsipnya kami memberikan suport dan dukungan baik dari bantuan anggran guna pelestarian berbagai aset cagar budaya untuk dikembangkan menjadi aset yang dapat dipromosikan,”Ujarnya.

Menurut Husni Ada beberapa point penting yang menjadi perhatian serius Pemda Halbar. Diantaranya terkait status lahan misalnya yang harus dilakukan pembebasan oleh Pemda,sehingga ada interfensi dari pusat dalam hal dukungan anggaran, kemudian penyiapan Perda tentang kebudayaan yang harus disiapkan oleh Pemkab.

“Selain penyiapan dokumen pendukung dan Perda, terlebih penting lagi terkait pembentukan tim ahli cagar budaya, pembentukan tim ahli cagar budaya ini tentunya sangat penting, sehingga berbagai situasi bersejarah nantinya teregistrasi secara nasional maka bisa ada intervensi pusat terkait dukungan anggaran,”Pungkasnya

Husni berharap agar Pemkab Halbar ikut mengambil bagian dalam kedatangan Kapal KRI Dewa Ruci yang bakal berlabuh di Kota Ternate selama 10 hari dalam rangka memeriahkan Sail Morotai.

“Kedatangan Kapal ini tentunya juga diharapkan oleh Pemkab dapat dimanfaatkan dengan promosi kebudayaan,”Pungkasnya.

Sementara itu Bupati Halbar James Uang dalam pertemuan itu mengaku, akan menindaklanjuti dengan melakukan pendataan berbagai situs sejarah, terutama pembebasan lahan yang bakal ditindaklanjuti serta penyiapan Perda Kebudayaan. Selain itu juga ada pembentukan tim ahli cagar budaya yang akan dibentuk oleh Pemda halbar

“Jadi pertemuan ini juga nantinya akan saya tindaklanjuti dengan memanggil Dinas Pariwisata dan Dikbud serta Bagian Pemerintahan soal pembebasan lahan, saya juga akan cros cek soal Perda Kebudayaan melalui DPRD. Initnya pengembangan budaya khususnya situs-situs sejarah ini akan kita dorong kedepan agar bisa teregistrasi secara nasional,”pungkasnya.(red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

CPNS Halbar Terima SK 80%

Rab Mar 17 , 2021
  JAILOLO – Sebanysk 64 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara (Malut) resmi menerima Surat Keputusan (SK) 80%. SK itu diserahkan lansung oleh Bupati Halbar James Uang usai gelar Upacara 17 bulan berjalan di halaman Kantor Bupati Halbar, Rabu (17/03/2021). […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!