Sejarawan Unkhair Dukung Banau Jadi Pahlawan Nasional

Irfan Ahmad

JAILOLO – Rencana Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Provinsi Maluku Utara (Malut) bakal mengusulkan Banau sebagai Mahlawan Nasional mendapat respon positif dan dukungan dari Sejarawan Universitas Khairun (Unkhair) Irfan Ahmad.

Saat di konfirmasi wartawan via handphone Rabu (03/03/2021) mengatakan, semangat Pemda Halbar itu sangat tepat. Pasalnya Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga Negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gugur atau meninggal dunia demi membela Bangsa dan Negara, sebagimana diatur dalam UU No. 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Kehormatan.

“Bila dicermati UU No.20 tahun 2009 sangat jelas Banau layak diusulkan sebagai pahlawan nasional. Kami berharap niat ini jangan hanya sebatas isu politik, kalau ini dijadikan sebagai isu politik sangat rugi karena wilayah lain terus mengusulkan pahlawan mereka untuk diakui oleh Negara,” kata Irfan.

Mantan Ketua Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Unkhair ini bilang, sosok Banau dalam menentang imperialisme Belanda tidak diragukan lagi. Bahkan dibeberapa sumber jauh sebelum memimpin “Perang Jailolo 1914″ Banau juga pernah terlibat melawan Belanda pada “Perang Kao 1912″ keberanian Banau membuat konstalasi politik di karesidenan Ternate berubah pada waktu itu. Bahkan juga pihak Kesultanan Ternate pun mendapat berbagai ancaman dari Pemetintah Kolonial Belanda karena mencurigai dalang dari perlawanan Banau adalah ulah dari Sultan Ternate,

“Dari sinilah Sultan Ternate Haji Muhammad Usman Syah diasingkan ke Bandung pada tahun 1902 sampai 1915,” kisahnya.

BACA JUGA: Pemda Halbar Berencana Usul Banau Jadi Pahlawan Nasional

Peneliti Yayasan The Tebings ini menambahkan, meskipun perlawanan Banau sangat singkat, tampaknya gebrakan itu membuat pihak Pemerintah Kolonial Belanda pada masa itu merasa terancam dan mengirimkan tentara dari Ambon untuk melakukan pengajaran terhadap Banau dan pasukannya.

“Banyak sumber primer yang menjelaskan tentang ‘Perang Jailolo” baik itu termuat dalam Kolonial Verslag, Kolonial Nederlandsc indie, Memorie Van Overgave dan bebebrapa koran terbitan Belanda yang saat ini tersimpan di Belanda dan ANRI—Jakarta,” ujarnya.

Dosen Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Unkhair bilang lagi, semua arsip tentang Banau bisa diakses dan dimiliki selagi ada keseriusannya dari Pemerintah Halmahera Barat. Karena proses menulis Naskah Akademik, Biografi Banau, menyiapkan naskah pendukung dan dukungan sebagai syarat khusus dan bersifat wajib, memakan waktu yang lama. Bahkan dibeberapa kasus bisa sampai satu tahun proses persiapannya.

“Banau adalah pahlawan. Saya nyatakan seperti ini karena ini terlihat pada penggunaan nama Almarhum yang terpampang dibeberapa tempat seperti di sekolah SD Banau, SMP Banau Ternate, Kampus Sekolah Tinggi Pertanian Kewirausahaan Banau, Batalyon Infanteri Raider Khusus 732/Banau, nama gedung dan nama jalan, jadi sangat Jelas penggunaan dan pemberian nama tersebut adalah satu kehormatan pemerintah terhadap keberanian sosok seorang Banau dengan demikian pemda Halbar dan generasi muda di Jailolo punya kewajiban untuk mendorong Banau hingga diakuai oleh Negara Republik Indonesia.(red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sakit, Aliong Mus Batal Suntik Vaksin Covid-19

Jum Mar 5 , 2021
BOBONG – Bupati Pulau Taliabu (Pultab) Aliong Mus batal disuntik vaksin Covid-19, Jumat (5/3/2021). Pasalnya, Aliong mengalami gangguan kesehatan berdasarkan hasil pemeriksaan tim dokter. “Hari ini pa Bupati tidak bisa di vaksin karena gangguan kesehatan, makanya ditunda,” ungkap Kuraisiya Marsaoli, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu kepada wartawan. Kuraisiya bilang, […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!