Pemda Halbar Berencana Usul Banau Jadi Pahlawan Nasional

Wakil Bupati Halbar Djufri Muhamad

JAILOLO – Wakil Bupati Halmahera Barat (Halbar) Djufri Muhamad menyampaikan, Pemkab Halbar merencanakan bakal mengusul Kapita Banau menjadi Pahlawan Nasional.

Menurutnya, ini sebelumnya telah diwacanakan saat masa kepemimpinan mantan Bupati Danny dan Wakil Bupati Zakir Mando namun sampai saat ini belum berhasil. Olehnya itu dimasa kepemimpinannya bersama Bupati James Uang akan lebih serius dalam mendorong Banau sebagai Pahlawan Nasional nanti.

“Memang ini pernah diusulkan oleh pemerintahan sebelumnya namun sampai saat ini tidak berhasil. Saya sendiri belum tahu kendalanya apa,” kata Djufri Muhammad saat ditemui usai Rapat Paripurna dalam rangka pidato sambutan Bupati Terpilih Halmahera Barat masa bhakti 2021-2026 serta Hari Ulang tahun Halbar yang ke-18 di Aula Paripurna DPRD kabupaten Halmahera Barat, Selasa (02/03/2021).

Djufri bilang, kolaborasi pikiran untuk mendorong Kapita Banau menjadi Pahlawan Nasional Pemda Halbar akan mengundang berbagai pihak, yakni OKP, Ormas dan elemen- elemen strategi lainnya untuk membicarakannya.

“Kami akan mengundang banyak pihak untuk berdiskusi, termasuk tim sejarawan di Kota Ternate dan pihak-pihak yang telah mendorong Sultan Babullah menjadi Pahlawan Nasional. Jadi tim-tim itu akan dikoordinasikan agar kita saling berbagi informasi. Jadi nanti kita diskusikan tahapan untuk mendorong seorang tokoh pejuang menjadi Pahlawan Nasional seperti apa,” ujarnya.

Lebih lanjut Djufri mengungkapkan, niatan mendorong Kapita Banau menjadi Pahlawan Nasional ini suda menjadi komitmen Bupati dan Wakil Bupati Halbar periode 2021- 2024, meskipun itu masi dalam perencanaan.

“Ini sudah menjadi niatan kami berdua. Jadi Kami berharap dalam tahun ini suda ada usulan ke Kementrian Sosial RI terkait pengangkatan Kapita Banau sebagai Pahlawan Nasioanal,” ungkapnya.

Ia berharap perencanaan ini dapat diterima dikalangan generasi muda Halbar sehingga dapat berjalan dengan baik dan Banau bisa menjadi Pahlawan Nasional ke depan

“Harapan saya dengan pak Bupati semoga Generasi muda di Halbar ini bisa membantu kami, para aktivis yang tergabung dari berbagai oraganisasi, OKP, Ormas maupun elemen tertentu dapat merespon tujuan kami ini agar sama- sama kita bergerak mendorong Kapita Banau menjadi Pahlawan Nasional,” harapnya.

Diakhir wawancara, Djufri menambahkan, dengan momentum peringatan HUT Halbar yang ke -18 ini merupakan landasan pijak untuk memulai mendorong Banau sebagai Pahlawan Nasional. Olehnya itu harapan terbesar adalah kebersamaan.

“Langkah awal pasti ada Seminar yang akan dilakukan dan itu mengundang tokoh- tokoh di desa-desa agar bisa ungkapkan sejarah ini. Karena mengatahui sketsa dan profil hidup beliau (Banau.red) sejak kecil sampai besar hidup di Desa Tuada. Ini harus diseminarkan. Pastinya kita memulai dari sini,” pungkasnya.(rrm)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pertahankan Status Zona Hijau, Pemkab Taliabu kembali Terapkan Wajib Masker

Sel Mar 2 , 2021
JAILOLO – Wakil Bupati Halmahera Barat (Halbar) Djufri Muhamad menyampaikan, Pemkab Halbar merencanakan bakal mengusul Kapita Banau menjadi Pahlawan Nasional. Menurutnya, ini sebelumnya telah diwacanakan saat masa kepemimpinan mantan Bupati Danny dan Wakil Bupati Zakir Mando namun sampai saat ini belum berhasil. Olehnya itu dimasa kepemimpinannya bersama Bupati James Uang […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!