Tok! MK Tolak Gugatan Danny Missy-Imran Lolori

JAILOLO – Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesi resmi memutuskan menolak gugatan pasangan calon (paslon) Danny Missy- Imran Lolori (DAMAI) terkait hasil Pilkada Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) dalam sidang pleno terbuka, Rabu (17/02/2021).

Bacaan Lainnya

Dengan demikian, MK menegaskan kemenangan paslon James Uang-Jufri Muhamad (JUJUR) dalam Pilkada Halbar 2020 adalah sah.

Berdasarkan putusan perkara nomor: 108/ PHP. BUP. XIX/2021 tertanggal 17 Februari 2020 menyatakan permohonan paslon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat Danny Missy-Imran Lolori tidak dapat diterima Hakim Mahkamah Konstitusi.

Dikutip dari laman resmi MK bahwa, dalam amar putusan menyatakan permohonan pemohon tidak memiliki kedudukan hukum dan dalam pokok permohonan dinyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima. Keputusan tersebut diambil dalam rapat permusyawaratan oleh sembilan Hakim MK.

Terpisah, Kuasa Hukum paslon JUJUR, Frizer Giwe melalui via WhatsApp menyatakan, kemenangan palson nomor urut 1 ini merupakan kemenangan bersma bagi masyarakat Halmahera Barat.

Menurutnya, paslon berakronim JUJUR ini diperjuangkan oleh masyarakat Halbar sejak awal hingga akhir tahapan Pilkada 2020.

“Ini kemenangan masyarakat Halbar, kekompakan dan kerja keras kita semua terjawab. Dengan keputusan MK yang menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima,” pungkasnya.(rrm)

Pos terkait