Tahun ini, Pemkab Halbar Ekspor Kopra ke Rusia

Totari Balatjai

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten (Pamkab) Halmahera Barat (Halbar) melalui Dinas Pertanian telah merencanakan ekspor hasil tani kopra ke Rusia.

Rencana ini sejalan dengan program Gerakan Orientasi Ekspor (Gosora) yang digagas oleh Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara untuk mensejahterakan petani kopra.

Kepala Dinas Pertanian Halbar Totari Balatjai, kepada wartawan diruang kerja, Senin (15/02/2021) mengatakan program Gosora ini diprioritaskan khusus bagi petani kopra putih, akan dimulai pada tahun ini.

“Kami lebih fokus ke kopra kelapa putih. Karena beberapa di kecamatan telah memproduksi kopra putih, contonya di Kecamatan Jailolo dan Kecamatan Sahu,” katanya.

Totari menerangkan, produksi kelapa putih tidak ada resiko besar karena tidak dipanggang (asar). Selain itu Juga bisa menunjang penghasilan lebih menonjol dari kelapa hitam.

“Kopra putih lebih mudah dibuat dan sangat mudah mendorng penghasilan masyarakat khususnya petani kopra,” terangnya.

Totari bilang, kelapa putih ini akan diekspor langsung ke Rusia lewat kapal Tol Laut yang bertempat di Desa Matui Kecamatan Jailolo.

“Harga kelapa putih di Rusia sangatlah beda. Untuk kelapa hitam 1 kilo gram sebesar Rp.8000, sedangkan kelapa putih dengan harga Rp.12.00 perkilo. Di tahun 2020 kemarin lewat tol laut kami juga mengirim 2 kontener yang berisi 24 ton,” ujarnya.

“Saya berharap agar siapapun nanti yang akan memimpin pemerintahan mudah-mudahan mendukung penuh program ini, karena program ini sangat membantu mensejahterakan masyarakat,” sambung Totari mengakhiri.(rrm)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tok! MK Tolak Gugatan Danny Missy-Imran Lolori

Rab Feb 17 , 2021
JAILOLO – Pemerintah Kabupaten (Pamkab) Halmahera Barat (Halbar) melalui Dinas Pertanian telah merencanakan ekspor hasil tani kopra ke Rusia. Rencana ini sejalan dengan program Gerakan Orientasi Ekspor (Gosora) yang digagas oleh Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara untuk mensejahterakan petani kopra. Kepala Dinas Pertanian Halbar Totari Balatjai, kepada wartawan diruang kerja, […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!