Pemda Halbar Gelar Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

Kadinkes Halbar Rosfintje Kalengit saat menjalani penyuntikan vaksin Covid-19

JAILOLO – Pencanangan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Provinsi Maluku Utara dimulai, Rabu (10/02/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Halbar, Rosfintje Kalengit dan Dirut RSUD Jailolo, dr. Sayfrullah Radjilun menjadi peserta pertama disuntik vaksin Covid-19. Kemudian menyusul perwira penghubung (Pabung) Gali Parkasa, Kapolres Halbar AKBP. Tri Okto Herdiyanto, Danyon RK 732/Banau Letkol Inf. Suhendar Suryaningrat, Asisten I Fence Mulwerre dan sejumlah pimpinan OPD serta beberpa orang tenaga kesehatan di Halbar.

Sekda Halbar Syahril Abd. Rajak dalam sambutannya mewakili Bupati menyampaikan, vaksinasi tahap pertama ini dilakukan ke tenaga kesehatan (Nakes) dan pejabat utama forkopimda Halbar.

“Jadi yang diutamakan (adalah) tenaga medis dan 10 pejabat utama. Minimal ini menjadi contoh untuk masyarakat Halbar,” katanya.

“Hari ini masyarkat bisa melihat pejabat sudah divaksin. Ini menjadi informasi positif bagi masyarkat Halbar bahwa vaksin tidak membahayakan,” sambung Syahril

Sementara itu, terkait perkembangan kasus Covid-19 di wilayah Halbar, Rosfintje Kalengit menyebutkan bahwa penyebarannya sangat cepat. Dimaba, dalam sehari 1-2 kasus terkonfirmasi positif. Dimana, pada Januari 2021 kasus terkonfirmasi positif sebanyak 36 orang. Sedangkan pertanggal 8 Februari 2021 sebanyak 9 orang yang terlapor.

“Sehingga akumulasi dari bulan Maret 2020 sampai dengan Februari 2021 sebanyak 111 kasus dengan rincian kasus sembuh sebanyak 80 orang, meninggal 10 orang dan kasus aktif sebanyak 21 orang yang sementara dilakukan isolasi mandiri dirumah,” ungkap Rosfintje saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan pencanangan vaksinasi tahap pertama di Aula Kantor Bupati pukul 10:30 WIT.

Rosfintje menjelaskan, vaksinasi ini bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan dan angka kematian Covid-19, mencapai kekebalan kelompok atau pihak imuniti untuk mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat, melindungi dan membuat sistem kesehatan secara menyeluruh, serta menjaga produktivitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi.

“Sasaran kegiatan vaksinasi untuk masyarakat yang berusia 18 sampai 59 tahun dan diberikan sebanyak dua dosis atau diberikan dua kali dengan interval waktu 14 hari dan adapun tahapan pemberian dibagi dalam dua tahap yaitu pada Januari 2021 sampai April 2021, terfokus pada tenaga kesehatan yang bertugas pada fasilitas pelayanan kesehatan diseluruh Indonesia,” jelasnya.

Ia menambahkan, vaksinasi dilaksanakan berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99 tahun 2020 tentang pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam penanggulangan Covid-19, Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 84 tahun 2020 tentang pelaksanaan vaksinasi dalam penanggulangan Covid-19, dan keputusan Menteri Kesehatan RI nomor: HK/091.07/menkes/12757/2020 tentang penetapan sasaran pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

“Kemudian Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: HK.01.07/Menkes/9820/2020 tentang penetapan jenis vaksin untuk vaksinasi Covid-19, Persetujuan Balai POM RI Nomor: EUA 2057300143A1 tanggal 11 Januari 2021 tentang persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat untuk Covid-19, dan yang terakhir yakni, Fatwa MUI Nomor: 02 tahun 2021 tentang produk vaksin Covid-19,” tandasnya.(rrm)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tahun ini, Pemkab Halbar Ekspor Kopra ke Rusia

Sen Feb 15 , 2021
JAILOLO – Pencanangan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Provinsi Maluku Utara dimulai, Rabu (10/02/2021). Kepala Dinas Kesehatan Halbar, Rosfintje Kalengit dan Dirut RSUD Jailolo, dr. Sayfrullah Radjilun menjadi peserta pertama disuntik vaksin Covid-19. Kemudian menyusul perwira penghubung (Pabung) Gali Parkasa, Kapolres Halbar AKBP. Tri Okto Herdiyanto, […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!