Minggu, Oktober 17, 2021
Home > MALUT > Halmahera Tengah > Diduga Salah Perencanaan, Proyek Reservoir di Fidi Jaya Terbengkalai

Diduga Salah Perencanaan, Proyek Reservoir di Fidi Jaya Terbengkalai

Kondisi proyek penampungan air (Reservoir) di Desa Fidi Jaya

WEDA – Kondisi proyek penampungan air (Reservoir) di Desa Fidi Jaya, Kecamatan Weda, Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) kini sangat memprihatinkan.

Betapa tidak, proyek tahun anggaran APBD 2019 dan diluncurkan ke APBD 2020 senilai Rp 15 miliar ini nyaris rusak parah karena terdampak longsor.

“Pembangunan penampungan air kini terlihat sangat miris yang menelan biaya kurang lebih 15 miliar ini kesannya tidak sesuai dengan perencanaan,” ungkap Rosihan Anwar, Humas Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Kabupaten Halteng, via WhatsApp, Senin (01/02/2021).

Mirisnya, sesal Rosihan, disaat proyek Reservoir terdampak longsor, Pemerintah Kabupaten Halteng melalui dinas terkait malah membangun proyek penahan tanah beton turap di tempat lain.

Proyek penahan tanah beton turap yang diplot ke APBD Perubahan 2020 senilai Rp 1,1 miliar tersebut dibangun di Kali Fidi, Desa Fidi Jaya oleh CV. Cekel Perkasa.

Seharusnya beton turap itu kata Rosihan, diletakkan untuk melindungi bangunan proyek penampungan air, sehingga kondisi bangunan yang belum seratus persen selesai itu tidak rusak parah dan terbengkalai.

Ia pun mengajak semua pihak, DPRD Halteng dan dinas terkait maupun masyarakat untuk memperhatikan dan mengawal problem pembangunan ini.

“Sebab tiap pembangunan yang ada dari kita untuk kita dan milik kita,” tutupnya.(cem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!